Rendang Terenak di Dunia

Dari kemarin postingannya soal makanan terus sih Jul? Iya, soalnya aku sedang merindukan makanan pada jam-jam seperti ini ^^.

Nggak kok, kebetulan aja makanan menjadi sumber inspirasi buat bikin postingan (halaaaah lagu lu Jul!). Bener koq, ini kan ceritanya kepingin ikutan giveaway setelah sekian lama tenggelam dalam dunia tanpa postingan yang diadain di blognya Pungky. Pada tau nggak Pungky itu siapa? itu lho yang vokalisnya Ratu dulu itu. Itu Pinkan kaleeee.

Ya udah gak usah manjang-manjangin deh, yang penting fokus mau ikutan giveaway *benerin rok*.

Pungky bikin giveaway dengan judul Kado Terindah yang pernah kamu terima.

Udah tiga puluh tujuh tahun hidup di dunia dan udah begitu banyak kado yang indah yang aku terima selama ulang tahun dan apapun itu perayaan yang ada, tentunya kado terindah yang pernah aku terima adalah anakku dari Tuhan juga cinta dari Aa.

Tapi dari semua kado yang pernah aku terima ada 1 yang sangat berkesan dan selalunya bikin terharu setiap kali ingat bahkan masih suka mewek.

Ceritanya tahun 2008 ibuku meninggalkan kami semua bulan April berdekatan dengan hari ulang tahunku. Trus suasana dukanya memang berasa banget karena kami semua anak-anaknya sangat dekat dengan kedua orang tua.

Sekitar akhir tahun tibalah hari raya iedul Adha, karena aku merantau ke Jakarta biasanya alm ibuku selalu mengirimkan rendang buatannya ke aku melalui ekspedisi. Tapi aku sadar tahun itu aku nggak mungkin dapat kiriman rendang karena beliau sudah tiada meskipun kakak-kakakku bisa dipastikan akan kirim juga.

Namun pada hari kelima iedul Adha ada kiriman paket makanan dari Medan, dan taraaa isinya RENDANG!.

Aku buka bungkusannya dan periksa, rendangnya kali ini agak berbeda dari yang biasa almarhum ibuku kirim. Bumbunya kelihatan terlalu kering dan setelah kupanaskan (supaya nggak basi), dagingnya terasa lebih alot. Aku sempat mikir sih apa mungkin yang masak kak Dewi tapi biasanya dia lumayan pintar masak.

Begitu selesai Magrib aku menelpon ke Medan, jaman dulu itu belum ada whatsapp messenger dan blackberry messenger jadi nelpon itu lebih enak karena gak capek ngetik ^^. Begitu angkat telpon ternyata kakakku yang bicara dan menanyakan apakah rendangnya sudah tiba. Aku jawab iya. Lalu kakakku bilang “Mungkin itu agak kurang santannya karena Abak kan belum pernah masak rendang baru sekali ini,” katanya.

Aku kaget banget dengar penjelasan kakakku karena dia bilang ayahku itu ngotot pengen masakin rendang buat dikirimkan ke aku supaya aku tetap bisa makan rendang. Setelah menitipkan pesan akan menelpon beliau lagi (saat itu ayahku sedang keluar rumah) akupun menutup telpon lalu bergegas menghampiri rendang kiriman itu.

Air mata mengalir begitu saja saat mengunyah rendang itu karena ingat akan almarhum ibuku dan terharu dengan apa yang sudah dibuat ayahku.

Kado rendang buatan beliau itu menjadi kado terakhir buatku karena 4 bulan setelah itu ayahku pun menyusul almarhum ibu.

Semoga kalian berdua damai di sisi Allah SWT.

 

 

Advertisements

Blogger dan Politik

Sok iye kali aku nulis postingan tentang blogger dan politik? Iyelah. Macam ngerti aja awak tentang politik ya kan?

Sepanjang sejarah kehidupan aku pernah merasakan belajar yang agak-agak menyinggung politik itu ketika tergabung di Himpunan Mahasiswa Islam sebagai pengurus. Pas masih junior-juniornya gitu aku didaulat untuk memimpin Raker HMI komisariat kampus dan baru itu deh ngalamin yang namanya jadi pemimpin sidang paling nggak betahin. Ada yang sengaja ngerjain aku karena aku memang termasuk mahasiswa baru yang paling amit-amit imut. Trus ada pula yang ngelempar gelas kopinya ke aku karena katanya aku pimpinan sidang yang nggak tegas. Sejak itu aku kapok deh jadi pimpinan sidang. Tapi ketika melihat persidangan para wakil rakyat buat aku itu biasa aja deh karena udah sering lihat jaman kuliah dulu.

Terus terang aku sangat tidak tertarik dengan politik. Mulai jaman kuliah dulu sampai sekarang. Entah karena nggak suka dengan lika-likunya, nggak suka pelajaran tata negara atau memang nggak suka dengan skenarionya jaman orde baru dulu (aku kan hidupnya jaman orde baru dulu). Semuanya ada kontribusi yang buat aku nggak tertarik. Bahkan mengamati situasi politik pun rasanya mau-mau malas.

Nah jadi ceritanya tahun 2014 adalah tahun politik yang panas di Indonesia. kenapa panas? Ya jelas aja panas. Karena presiden yang sebentar lagi turun dianggap gagal menghandle negara trus tiba-tiba muncul nama-nama baru ke permukaan yang akan dicalonkan jadi presiden. Tapi juga ada nama-nama lama yang berasal dari orde baru. Yang menjadi demikian happening adalah ketika salah tiga (soalnya yang aku tau ada 3 jangan-jangan lebih ya?) dari capres menggunakan blogger sebagai media mereka untuk berkampanye. Salah nggak sih? Ya nggak salah juga. Fine-fine aja.

Yang menjadi salah pada akhirnya adalah ketika kita menulis tentang satu tokoh dengan berbunga-bunga entah karena memang cinta atau karena duitnya (krik krik) tanpa melihat realitasnya. Okelah let say kita harus menulis tentang hal yang baik, tapi ya nggak juga dibaik-baikin banget sampe terkesan sinetron. Trus oke juga sih kalo memang ingin mengangkat sisi baik sang capres yang satu ini. Tapi sebaiknya berhati-hati saat kita menerbitkan satu postingan yang menjatuhkan tokoh lawan, karena publik akan menilai bahwa tindakan tersebut sudah merupakan bagian dari kampanye dalam meningkatkan mutu capres yang sudah membayar kita. Jalan pikiranku sadis? Nggak jugalah. Itu kan memang kenyataannya. Udah deh nggak usah munafik.

Maka dari itu sebaiknya jika kita memang ingin terlibat dalam kampanye, lebih baik menulis sesuai logika. Jangan sampe gara-gara satu tulisan jelek trus jadi panjang deh. Kalau cuma dicibir atau dikomen negatif masih mending ya, kalau akhirnya berbuntut perbuatan yang buruk gimana? Stay safe in this hot situation, friend.

Nah trus kita nggak panjang-panjang deh cerita politiknya, karena aku mau pengumuman tentang pemenang giveaway #PostByRequest kemarin itu. Jadi aku telah memilih 2 pemenang yang aku anggap unik permintaannya.

1. Agung karena request postingan tentang apa yang aku sukai dan apa yang pasanganku sukai. Dan apakah yang kami sukai itu sama atau nggak? Terus terang belum pernah terpikirkan sampai ke sana dan jangan-jangan aku nggak tau apa yang dia sukai? Hahahha. Ini termasuk request yang sulit dan unik.

2. Debby, karena request postingan bersambung tentang segala hal. Misalnya piala dunia disambung pemilu disambung cerita cinta dll. Sumpah deh ini susah banget kayanya dan ada kemungkinan aku nyerah :p.

lego keychain

lego keychain

Buat Agung dan Debby mohon mengirimkan alamat dan nomor telpon ke emailku yaa di julia_hardy(at)yahoo.com. Buat semua teman yang sudah menuliskan requestnya terima kasih banyak ya.

Gara-gara bikin ini aku jadi kepingin bikin keychain dengan gravir nama semua keponakanku yang jumlahnya 10 ditambah anakku 1 dan adekku yang belum punya anak. Jadi totalnya 12 deh *nebok celengan*.

See you on the next giveaway!

Sebuah Cinta untuk Diceritakan

Dalam rangka memeriahkan Giveaway “Understanding Love” yang diselenggarakan oleh Agung Rangga, maka terciptalah postingan ini. Karena aku masuk dalam kategori orang tuanya Agung (bener kan Gung? :D) jadi isi postingan adalah tentang bagaimana aku memahami cinta dan nasehat apa yang ingin aku berikan pada para remaja yang sedang dimabuk cinta.

Sejujurnya aku sendiri juga masih butuh nasehat Gung :p. Tapi sejauh ini rasanya aku sudah cukup memahami cinta.

Cinta itu tercipta begitu saja pada dua orang yang mungkin awalnya tidak saling mengenal. Namun bisa pula tercipta dari dua orang yang bertahun-tahun saling kenal dan bersahabat. Cinta tidak mengenal tempat (lokasi) ia bisa saja tercipta di antara dua orang narablog yang berjauhan misalnya. Cinta juga tidak kenal usia, bisa saja tercipta antara dua orang dengan beda usia 11 tahun misalnya atau 15 tahun. Cinta pun tidak mengenal suku, agama, jabatan dan hal-hal duniawi lainnya.

Kadang-kadang kita salah menafsirkan kehadiran cinta.

Pasangan yang protektif, selalu mengatur apa saja yang harus kita lakukan atau tak boleh dilakukan, selalu mengecek keberadaan kita sedang apa dan sama siapa. Itu bukanlah cinta. Sebab cinta membebaskan, cinta adalah saling percaya. Cinta membiarkan dirinya tidak mengikat secara duniawi sebab jika cinta maka kedua hati dan jiwa akan selalu saling menggenggam dan rasa percaya akan timbul di antara keduanya.

Cinta akan saling menemukan jalannya meski dipisah dengan cara apapun.

Jika kita saling mencintai, maka apapun yang memisahkan akan dilewati dan pada suatu hari akan saling menemukan kembali. Kecuali nih yang mencintai satu orang saja sementara lainnya nggak, ya udah pasti gak akan saling berusaha untuk menemukan kembali.

Cinta tidak menyakiti.

Cinta akan selalu memahami apapun yang terjadi pada orang yang dicintai. Cinta pun memaafkan. Cinta akan selalu membiarkan kedua tangannya terbuka untuk pelukan yang hangat.

Nasehat untuk Agung dan teman-teman lain yang masih remaja. Cintailah mereka yang selalu membuat kalian tersenyum, mampu melalui hari-hari indah dan sulit tanpa banyak mengeluh. Cinta akan membuat hidup kalian lebih maju, berpikir ke depan bukan terpuruk dalam kesedihan.

Cintaku saat ini kepada orang yang kucintai pun demikian. Aku selalu ingin dia bahagia, mencapai semua impian-impiannya. Saling membangun dan belajar tentang perjuangan dalam kehidupan. Cinta kepadanya selalu membuat hati berbahagia dan hidup lebih bersemangat. Cinta itu membahagiakan.

Salah satu dari dua orang yang paling kucintai:

Enrico

Enrico

 

banner-cewe

#PostByRequest: It Is A Cute Giveaway

Gara-gara bikin event #20DaysBloggingChallenge, kok ya aku jadi ketergantungan sama para komentator untuk memberikan ide postingan? Jangan manja gitu ah Jul. Nggak, ini bukan karena manja, tapi setelah 20 hari jor-joran posting di blog yang mana telah lama tak kulakukan itu ternyata menemukan banyak isi kepala teman-teman blogger yang unik-unik dan aku belum pernah terpikirkan untuk bikin postingan macam gitu.

Jadi karena aku modus pengen dikasi ide buat bikin postingan maka terciptalah event giveaway ecek-ecekan ini, dimana aku akan memberikan 2 Lego keychain dengan graviran nama kawan-kawan yang ide postingannya paling unique. Dan aku menamakan event ini #PostByRequest.

Caranya gimana?

Cuma nulis aja di kolom komenku ini permintaan atau ide untuk postinganku selanjutnya. Nanti aku akan pilih dua ide post yang paling berkesan buatku. Tapi kalau bisa sih jangan yang pernah aku post di #20DaysBloggingChallenge kemaren yaa.

Mau tau penampakan hadiahnya seperti apa?

Lego Classic Keychain

Lego Classic Keychain

Nah tulisan nama teman-teman akan digravir di sisi kanan atau kiri keychain ini. Untuk warnanya sih nanti tergantung stok aja yaa.

Hadiahnya murah meriah ini cuma 40 ribu doank 1 piecenya. Semoga teman-teman bersedia memberikan komen untuk ide postingan buatku. Dan semua komen yang masuk menjadi hak aku untuk post by requestnya ya.

Ditunggu komen-komennya sampai tanggal 14 Februari 2014 yaa.