Tulisan yang Sehat dari Tubuh yang Sehat

Serius ini. Bukan maen-maen *ngubek-ngubek tas nyari sisir* *pasang tampang serius*.

Sudah pernah aku ceritakan lho perjuanganku untuk kembali rajin berolahraga khususnya olahraga lari yang sebenarnya murah meriah (kalo berangkatnya nggak naik taksi sih Jul). Sebagai seorang blogger yang menyukai olahraga (khususnya catur), aku berusaha keras untuk memerangi kemalasan dalam diri untuk bangun subuh-subuh (dan sekaligus memerangi kemalasan untuk sholat subuh juga kan). Sejuta kali ngeles diajak Onni untuk lari-lari di CFD sampe Onni yang cuman lari 2 kilo udah bisa lari 21 kilo.

Tapi, kalau menurut kata-kata bijak yang sering bertebaran di timeline, tidak ada kata terlambat untuk sesuatu yang baik maka sejak Desember 2013 aku pun memulai lari kembali dan kali ini bukanlah lari dari kenyataan *cihuy*.

Trus, lari pertama (yang campur jalan dan gosip) ini berhasil menempuh 10km walau habis itu kakiku sakit banget pas naek turun tangga. Dan sejak itu rasanya rugi deh kalau nggak lari lagi. Malah aku jadi ikut-ikutan kepingin ini menjadi rutinitas buatku. Dan karena telah merasakan sendiri betapa dahsyatnya efek lari buat tubuhku, aku jadi kepingin ngajak-ngajak teman-teman blogger untuk ikutan lari.

Coba deh pikir, kita tuh udah seharian kerja (dan sekolah), ngurus anak (buat emak-emak), ngurus suami (baik suami sendiri maupun suami orang lain #abaikan), belajar, berkutat di depan leptop dan hp sibuk dengan riuhnya media sosial. Ada yang sambil duduk aja atau sambil tiduran, tetep kan tubuh nggak gerak. Maka dari itu nggak heran kalau lemak tertimbun dimana-mana baik dari konsumsi lemak itu sendiri maupun konsumsi karbohidrat yang tidak diproses dalam tubuh dan berubah menjadi lemak. Hiiy seram kaan? 1 kg lemak aja besarnya udah lebih dari 2 kepalan tangan, gimana kalau kelebihan lemak dalam tubuh kita 4kg atau 5kg, maka akan jadi melarlah tubuh kita.

DI dalam tubuh yang kelebihan lemak akan muncul banyak penyakit. Demikian pula kalau gula di dalam darah (yang berasal dari konsumsi karbohidrat berlebih) tinggi akan memperparah keadaan itu. Penyakit akan lebih cepat singgah, diabetes mellitus, jantung koroner, bahkan penyakit paling ringan sekalipun yaitu sakit kepala.

Paling nggak enak kan kalau sakit kepala trus ada job postingan yang kudu selesai hari ini juga. Tulisan pun nggak konsen isinya, nggak fokus bahkan buat yang banci kontes, malah nggak tau mau nulis apa ketika sedang sakit kepala. Coba deh kalau rajin lari, oksigen di dalam darah akan semakin lancar jalannya, trus masuk ke otak dengan jumlah yang cukup, lalu inspirasi menulis juga makin kenceng deh jadinya.

Mula-mulanya ngajak blogger lari, aku cuma ajak begitu saja gak pake embel-embel nama komunitas, tapi yang datang malah nggak ada, jadilah aku lari sendirian. Trus kedua kali ngajak, yang datang cuma satu orang si Gani (blogger bekasi). Dan akhirnya setelah ngobrol-ngobrol dengan Alfan dan komunitas Dbloggerku, kita sepakat bikin program DBloggerRUN yang bakal rutin diadakan sebulan sekali minimalnya. Pertama kali Dbloggerrun aku malah gak datang karena anakku sakit, trus teman-teman juga masih males-malesan tuh mungkin susah bangun paginya itu ya.

Dan akhirnya DBloggerRUN sesi kedua kemarin berhasil dilaksanakan dihadiri 8 orang (alhamdulillah), walopun pas jam 6 aku nyampe, anak-anak belum ada yang nongol jadilah aku lari sendirian cuma 3 kilo aja. Balik-balik ke bunderan hi, udah ada Arie Goiq, Melly, kakaknya Melly dan temennya yang katanya baru selesai sarapan hihi. Trus, Alfan dan Bang Aswi yang udah sepedahan dari Kelapa Gading menyusul, ditambah Mila yang habis lari dari GBK menyusul. Lari lagi deh dari bunderanhi ke Monas, tapi tetep nggak lupa narsis foto-foto di sepanjang jalan (yah namanya juga bakat narsis kan harus disalurkan).

#DBloggerRUN 16 Mar 2014

#DBloggerRUN 16 Mar 2014

#DBloggerRUN, Jl Thamrin Jakarta

#DBloggerRUN, Jl Thamrin Jakarta

Sampai jumpa di #DBloggerRUN bulan depan yaa kalau ada yang mau ikutan colek aja aku ^^. Ayo Lari! Tulisan Sehat dari Tubuh yang Sehat!

18 thoughts on “Tulisan yang Sehat dari Tubuh yang Sehat

  1. Saya percaya … bahwa tubuh yang sehat … akan menghasilkan tulisan yang sehat pula …
    kalau tulisan tidak sehat itu … biasanya keluar dari jiwa dan raga yang kurang seimbang …

    Salam saya Kajol

    (17/3 : 7)

  2. Saya percaya … dari tubuh yang sehat akan keluar tulisan yang sehat pula …
    jika tubuh dan jiwa tidak sehat … tidak seimbang …
    biasanya tulisannya juga tidak sehat … hahaha

    salam saya Kajol
    (17/3 : 7)

  3. saya dulu juga sempat-sempatin lari ke GBK tiap minggu pagi, sambil cuci mata,
    sekarang sepedaan aja sekitar tempat tinggal Jul🙂
    #kapan-kapan nyolek kalo mo ikutan ah.

  4. Pingback: D’Blogger Run Perdana | Mari Berbagi Bacaan ...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s