Bicara Varises

Postingan ini terinspirasi dari hasil lari-lari sore sambil ngeliatin cewe-cewe yang pake celana gemes tapi kelihatan varises dan selulitnya :p.

Mungkin banyak orang yang tau varises secara umum saja. Biasanya varises ini tumbuh di area belakang lutut tapi mungkin tidak banyak yang tahu apa penyebabnya dan bagaimana mengatasi atau mengurangi keluhan varises. Bahkan mungkin kadang-kadang karena tidak paham bisa jadi salah dalam penatalaksanaannya.

Mari kita mengenal arti Varises itu sendiri. *lipat tangan di meja, lihat ke depan, jangan ketawa ya!*

Apa itu Varises

Varises (Varicose Vein) berasal dari bahasa Latin “Varix” yang artinya memutar. Varises adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh dilatasi (pelebaran) dari vena superfisial. Biasanya banyak terjadi pada wanita di usia lanjut. Varises pada umumnya bukan merupakan kondisi yang serius dan hanya menimbulkan gangguan dalam penampilan saja (terutama kaya tadi itu misalnya pakai celana gemes). Namun adakalanya varises merupakan pertanda adanya gangguan sistem sirkulasi darah dan kondsi ini dapat menimbulkan komplikasi lainnya.

Faktor Penyebab Timbulnya Varises

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan timbulnya varises pada penampilan kita?

Secara normal pembuluh darah vena harus bekerja melawan gaya gravitasi untuk mengembalikan darah ke jantung. Jika pembuluh darah vena berkurang elastisitasnya dan mengalami pelemahan maka kerja vena tidak sebagaimana mestinya sehingga terjadi penumpukan pada pembuluh darah vena. Ada banyak faktor penyebabnya antara lain kelebihan berat badan (overweight dan termasuk obesitas),ย  adanya trauma atau kerusakan pada katup vena, bahkan kebiasaan menumpangkan kaki saat duduk juga bisa menyebabkan timbulnya varises.

Keluhan dan Gejala

Penderita varises biasanya datang dengan keluhan nyeri dan berat pada tungkai terutama sehabis berdiri atau duduk dalam waktu yang lama.

Varieses

Komplikasi dan Penatalaksanaan Varises

Gejala varises mungkin berhubungan dengan penyakit lain. Berikut ini adalah komplikasi yang mungkin timbul berdasarkan keluhan dari pasien:

1. Tromboflebitis Superfisial

Biasanya pasien datang dengan keluhan nyeri setempat dan edema tungkai. Bagian yang sakit tersebut terasa lunak dan hangat, teraba vena yang keras di bawah kulit. Kemungkinan pasien mengalami Tromboflebitis Superfisial keadaan inflamasi (pembengkakan) vena yang berhubungan dengan terbentuknya trombus (pembekuan) di pembuluh darah. Jika mengalami ini dirujuk ke dokter spesialis angiologi.

2. Spider Veins

Keluhan diawali dengan terlihat banyaknya vena-vena kecil di bawah kulit seperti sarang laba-laba. Spider Veins adalah suatu kondisi yang menyerupai varises tetapi berukuran jauh lebih kecil dan jumlahnya lebih banyak. Pembuluh darah halus ini seringkali nampak merah atau kebiruan membentuk rangkaian seperti sarang laba-laba atau ranting-ranting pohon. Spider Veins biasanya terjadi pada tungkai dan adakalanya juga pada wajah.

Secara umum kondisi ini tidak terlalu serius namun akan mengurangi penampilan sehingga disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur, mengistirahatkan tungkai dalam beberapa waktu, mengurangi berat badan jika overweight dan menghindari sepatu berhak tinggi.

3. Eksim Varikosa

Penderita merasakan kulit di atas pergelangan kakinya terasa gatal, tampak merah, bengkak dan bersisik. Eksim varikosa merupakan suatu kondisi yang pada awalnya disebabkan oleh eksim ringan pada kulit tungkai bawah dan akhirnya mengalami bengkak, kemerahan dan bersisik.

4. Lipodermatosklerosis

Suatu keadaan dimana kulit di atas pergelangan kaki pasien terasa gatal, merah, bengkak bersisik dan lebih tipis dari area lainnya. Hal ini disebabkan terjadinya pengerasan dan pengecilan pada lapisan lemak sehingga mengakibatkan bagian yang terkena cenderung menjadi cekung.

5. Ulserasi Kulit

Ada keluhan terdapat luka pada bagian pergelangan kaki yang sulit sembuh. Ulserasi kulit merupakan komplikasi varises yang paling sering terjadi ditandai adanya luka dengan dasar berwarna merah muda atau kadang mengandung nanah berwarna kekuningan. Luka yang terasa sangat nyeri dapat terjadi pada kulit di dekat area varises terutama sekitar pergelangan kaki.

Penatalaksanaan varises dan komplikasinya secara umum adalah:

  • mengistirahatkan tungkai kaki beberapa saat secara rutin. tinggikan posisi kaki sehingga lebih tinggi dari posisi jantung, sehingga arus balik peredaran darah ke jantung akan dapat diperbaiki.
  • sedapat mungkin jangan berdiri atau duduk terlalu lama, banyaklah menggerakan kaki dan jari-jari tangan atau berjalan-jalan selama 30 menit.
  • kenakan stocking khusus varises untuk mencegah melebarnya area varises namun jangan kenakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat.
  • hindari menggunakan high heels
  • jangan duduk dengan posisi kaki menyilang karena sirkulasi darah akan semakin terganggu
  • kurangi berat badan dengan rutin berolahraga dan makan makanan yang sehat

 

daftar pustaka:

  1. mayo clinic.org
  2. MIMS Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saya Apoteker Lho

Judulnya memang agak sok gitu, kalo kira-kira pengen gampar aku ya gapapa gampar aja kan gak berasa ini :p.

Iya saya memang apoteker lho. Apoteker Indonesia tepatnya dan tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Sebenarnya aku sudah mendapatkan gelar apoteker ini sejak tahun 2001. Pada saat itu apoteker masih lumayan langka lho terutama untuk daerah sumatera bagian utara. Jadi ketika ujian komprehensif (ujian akhir) apoteker, beberapa pengusaha apotek turun ke kampus kami untuk coba-coba rebutan calon apoteker yang akan lulus. Saat itu kami ada sekitar 14 orang calon apoteker.

Saat break sidang, aku nggak ikutan interview dengan kawan-kawan yang lain. Salah seorang PSA (pemilik sarana apotek) sempat mendekatiku katanya dia dari Aceh dan akan buka apotek di banda aceh. Aku ditawari sebagai apoteker penanggung jawab dengan gaji sekian, aku tolak dengan alasan gajinya gak sesuai standar. Padahal menurut teman-temanku itu gaji lumayan tinggi dibandingkan dengan apoteker yg lain.

Bayangin aja, aku kuliah farmasi ituย  lulus dengan usaha sendiri (gak pake nyogok), trus uang kuliah, biaya praktikum, beli buku-buku, biaya penelitian plus kuliah apoteker sebagai profesi itu juga bukan uang yang sedikit lho dari ibu dan bapakku, masaaa aku mau aja ditawari gaji di bawah standard. Nggak etis ah. AKhirnya aku memilih untuk bekerja di luar dunia farmasi. Meskipun sempat bekerja di retail farmasi besar tapi aku nggak memegang posisi apoteker penanggung jawab melainkan cuma jadi store manager aja. Beban moralnya nggak berat. Walaupun kesehariannya aku memberikan konseling pada pasien.

Kenyataan di lapangan yang kutemukan adalah banyak sekali apoteker penanggung jawab apotek itu datangnya cuma sebulan sekali ke apotek. Cuma tanda tangan surat pesanan narkotik dan psikotropik mungkin atau cuma buat ambil gaji. Ya wajarlah kalau gajinya di bawah standard. Coba kalau ditertibkan, misalnya para PSA itu mewajibkan untuk mempekerjakan apotekernya full time dengan sistem shift dan gaji sesuai dengan standar bukannya itu lebih baik?

Toh kalau nggak ada apoteker, apotek-apotek modern yang banyak banget di mall-mall itu nggak bakalan bisa berdiri. Herannya ada aja apoteker yang mau digaji 1juta atau 1,5 juta cuma buat dipakai namanya di apotek itu. Nggak mikir tanggung jawab dia seperti apa kali ya?

Ternyata nih, mulai tahun ini apoteker mulai akan ditertibkan. Dalam arti nggak asal-asalan comot lagi. Sekarang setiap apoteker harus meng-update kemampuannya dalam dunia farmasi dengan memiliki sertifikat kompetensi. Sejak tahun berapa aku nggak tau pasti dimulainya sertifikasi kompetensi ini. Apoteker harus mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat. Tapi mulai tahun depan tidak ada lagi sistem ujian melainkan harus melaksanakan kerja kefarmasian sesuai dengan bidang yang dipilih untuk mendapatkan nilai yang dibutuhkan selama 5 tahun.

Jadi ketika kita memutuskan untuk menjadi apoteker udah nggak bisa ngelak lagi untuk gak mengabdikan diri dan ilmunya kepada masyarakat. Semoga aku bisa. Doain yaa …

wadah plastik dan homoseksualitas

Karena menurutku ini penting, maka postingan dari blog julie ini aku repost di sini ๐Ÿ˜€

Sejak lebih dari lima tahun terakhir, kita banyak membaca berita-berita tentang homoseksual pada lelaki dan perempuan yang saling menyukai sesama jenis. Mulai dari kasus pembunuhan yang biasanya disebabkan rasa cemburu dan uang, lalu belakangan kasus penipuan jenis kelamin pada pernikahan.

Mungkin kita berpikir alangkah bodohnya orang yang telah tertipu tersebut, tak bisa membedakan apakah dia lelaki atau lelaki tulen. Sepenuhnya hal itu tak bisa disalahkan karena aku memiliki teman yang menjadi korban kehomoseksualan suaminya. Penampilan mereka sangat biasa, seperti lelaki pada umumnya, kecuali yang berpakaian wanita, kita hampir tak bisa membedakannya.

Banyak pengamat sosial dan rohani yang mengatakan adanya penurunan nilai moral pada manusia. Pesatnya informasi yang begitu mudah didapat, dan lalu menyalahkan internet sebagai sumber yang membawa informasi negatif yang menyebabkan rusaknya moral manusia.

Namun, sadarkah kita bahwa ternyata ada satu hal yang diindikasikan sebagai penyebab dari ketidaknormalan orientasi seksual ini? Dan hal tersebut adalah wadah plastik dalam hal ini plastik PC (Polycarbonate).

Isu tentang BPA (Bisphenol-A) yang terkandung dalam wadah plastik PC telah kudengar sejak tahun 2009, sebagai salah seorang yang terlibat langsung dengan produk berbahan plastik PC, tentu aku sangat concern mengamati isu tersebut.
Plastik PC sendiri dibuat dari campuran BPA dan phosgene, penambahan Natrium Hidroksida pada reaksi menghasilkan senyawa Polycarbonate.

Plastik PC sendiri sering digunakan pada wadah botol susu bayi, galon air mineral, alat-alat kesehatan, botol minuman (sport drinking bottle), lensa kacamata, wadah makanan plastik, dll.

BPA yang merupakan zat pembentuk PC dapat terlepas dan bermigrasi pada minuman atau makanan yang ditempatkan pada wadah plastik PC. Migrasi BPA pada makanan akan terjadi sangat besar apabila makanan atau minuman tersebut dipanaskan langsung dlm wadah plastik tersebut, atau saat wadah plastik tersebut dalam temperatur panas, atau saat larutan dan makanan dalam keadaan panas (contoh: saat melarutkan susu formula tentu tidak dengan air dingin melainkan sedikit air panas untuk pencampurannya).

BPA ditemukan sebagai Chemical Disruptor in Endocrine Systems yang merupakan senyawa kimia yang bertindak menyerupai hormon (dalam hal ini estrogen) pada sistem endokrin.
Kerusakan yang dapat disebabkan oleh Endocrine Disruptors adalah:
– Maskulinisasi perempuan
– Feminitas pada lelaki
– Intersex (ketidakjelasan jenis kelamin)
– Problem pada sistem neurologi
– Organ reproduksi yang abnormal
– Hiperaktivitas pada anak
– Kecenderungan pubertas yang sangat dini pada perempuan
– Rendahnya jumlah dan kualitas sperma pada lelaki

Tentunya penelitian tentang dampak BPA ini baru dilakukan pada hewan saja, namun bila kita melihat kembali kasus-kasus homoseksual yang terjadi belakangan semakin tinggi, belum lagi mulai terjadi kekeliruan pada pemilihan suami :D, hal ini membuat beberapa negara terutama Eropa telah mengeluarkan statement untuk melakukan banned terhadap wadah plastik PC di negara mereka.

Indonesia dalam hal ini Badan POM masih mendiskusikan untuk membolehkan atau mengkaji ulang konsentrasi yang diperbolehkan utk jumlah lepasan BPA pada wadah plastik PC.

Untuk menghindari terjadinya abnormalitas pada anak-anak kita, mulai sekarang hindarilah penggunaan wadah plastik PC seminimal mungkin, pilih botol susu bayi yang terbuat dari kaca atau PP (polypropilene), gunakan galon air minum untuk suhu normal atau dingin saja, gunakan wadah plastik lain untuk menyimpan makanan, dll.

Mempercepat Kehamilan

menjawab pertanyaan dari inge, yessi, dan yuni

Di postinganku sebelumnya dibahas tentang kontrasepsi oral untuk menunda kehamilan. namun adik-adikku ini malah ingin sekali bisa hamil, maka aku membuat posting jawaban semampuku. Mudah-mudahan bisa membantu.

Untuk bisa hamil, seorang perempuan dan pasangannya harus terlebih dahulu mengerti bagaimana proses terjadinya kehamilan (pembuahan sel telur oleh sperma).

Secara normal, seorang perempuan memiliki siklus 28 – 31 hari sejak sel telur dihasilkan oleh ovarium (rahim) dan dilepaskan (ovulasi) ke tuba falopii (tempat sel telur menunggu pembuahan).

Terlepasnya sel telur dari ovarium terjadi pada hari ke-14 dalam siklus haid normal, jadi dihitung dari sejak hari pertama haid. Saat itulah yang dinamakan masa subur. Sel telur yang sudah siap dibuahi akan menunggu selama waktu 1×24 jam (gak wajib lapor RT) untuk dibuahi oleh sperma manapun yang berhasil menembus benteng takeshi ke dalam rahim.

Untuk lebih memastikan masa subur seorang perempuan lakukanlah tes ovulasi (beli alat tesnya di apotek). Bila sudah berhasil menghitung masa subur maka coba dites kembali dengan alat tersebut dan lakukanlah hubungan seksual.

Selain faktor pengetahuan mengenai masa subur, ada baiknya diperhatikan pula supply nutrisi pada tubuh dari masing-masing pasangan. Hindari merokok, minum alkohol atau obat-obatan lain yang tidak dianjurkan oleh dokter dalam mendukung masa kehamilan. Minumlah vitamin yang dapat menambah kesuburan. Lakukan olahraga dan sedapatnya pada saat mendekati masa subur lakukan hubungan seksual setiap hari.

 

 

Kontrasepsi Oral

*untuk menjawab pertanyaan teman kantorku*

Tak hanya pasangan yang menikah, saat ini pasangan muda pun membutuhkan alat kontrasepsi.

Di antara begitu banyak pilihan kontrasepsi, salah satunya adalah kontrasepsi oral yang merupakan alat kontrasepsi dengan metoda hormonal. Selain dapat mencegah kehamilan, kontrasepsi oral pun memiliki manfaat untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Beberapa teman, saat memutuskan menggunakan metoda ini, sering menanyakan kepadaku apakah bila mereka menggunakan kontrasepsi oral (yang dalam hal ini berupa pil KB) akan mempengaruhi kesuburan mereka nantinya. Mereka takut, bila menikah dan langsung memutuskan untuk menunda kehamilan dengan pil KB akan menyebabkan mereka tidak bisa memperoleh anak.

Untuk menjawabnya kita dapat melihat mekanisme kerja dari pil kontrasepsi yang merupakan pil dengan kandungan kombinasi hormon progestin dan estrogen.

Pil kontrasepsi bekerja mencegah kehamilan dengan cara:

1. Mencegah ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Akibatnya sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.

2. Mengentalkan lendir di leher rahim, sehingga sperma yang masuk mengalami kesulitan untuk berenang mencapai sel telur yang berada di tuba falopi.

3. Mencegah pematangan endometrium (dinding bagian dalam dari rahim). Ketika terjadi ovulasi dan pembuahan sel telur oleh sperma maka hasil pembuahan ini akan menuju dinding rahim dan menempelkan dirinya untuk selanjutnya berkembang menjadi janin. Dengan pil kontrasepsi, sel telur yang telah dibuahi tidak akan dapat tertanam di rahim.

Tiga mekanisme ini hanya terjadi apabila seorang perempuan mengkonsumsi pil kontrasepsi dengan teratur dan sesuai dosis. Ketika ia memutuskan untuk menghentikan konsumsi pil tersebut, maka hormon di dalam tubuhnya pun akan kembali normal seperti biasa dan memungkinkan untuk terjadinya kehamilan.

Ada yang kurang jelas? ๐Ÿ˜€