Blogger yang mengaku-aku Blogger

Ternyata gak gampang untuk menjadi blogger yang seutuhnya (ini kalimatnya teringat jaman penataran P4 dulu manusia indonesia seutuhnya). Buat yang sudah begitu yakin saat pertama mempublish blognya akan berfokus pada tema apa, dan tetap konsisten menulis aku acungin jempol.

Setelah aku sok-sokan jadi blogger sejak tahun 2008, sampai hari ini isi postingannya beneran ngasal. Sebenarnya dulu sempat terinspirasi pingin nulis blog yang isinya tentang dunia farmasi, tentang bentuk sediaan obat itu apa aja, gimana sih terjadinya reaksi di dalam tubuh saat kita minum obat dan lainnya tapi kok ya aku agak susah berbahasa non ilmiah sementara pembaca blognya kan ga semua paham.

Menentukan niche blog saat kita gak konsisten itu susah, apalagi yang sekarang bloggernya udah makin sadis semua postingannya mulai dari food blogger, beauty blogger yang penghasilannya ratusan juta sampai travel blogger yang bisa kemana-mana gratis bahkan menjadikan blog sebagai mata pencaharian utama.

Aku juga pingin-pingin aja sih menjadikan blog sebagai sumber rejeki tapi sejauh ini melihat perkembangan blog di Indonesia sepertinya belum bisa berkembang objektif. Terkadang blogger yang melakukan review produk tidak melihat lebih detail tentang kualitas produk yang direview sehingga beberapa brand akan terlihat “cantik” asal bisa bayar blogger sementara brand lainnya tidak dikarenakan publisitas online sangat aktif di sosial media.

Kenapa ini jadi ngomongin job review ya?

Balik lagi ke tema blog, untuk orang-orang seperti aku yang nggak bisa memanage waktu untuk nulis di blog dan pembosan pula rasanya sulit sekali untuk bisa konsisten dengan satu tema (tapi bukan berarti aku gak bisa konsisten dengan 1 pacar ya. Itu bohong banget lho jangan percaya gosip).

Tapi nggak ada salahnya bikin tantangan menulis untuk diri sendiri dengan tema tertentu dan tadi pas buka-buka grup WB ternyata ada nemu satu blogger yang suka nulis tentang science dan kebetulan aku kan suka banget sama science tapi pengennya sih pake bahasa populer ya nulisnya bukan bahasa ilmiah.

Mari dicoba yuk bikin postingan tantangan dengan tema farmasi yang umum ceritanya gitu jadi yang baca gak pening.

aku apoteker yang udah tersertifikasi lhooo

aku apoteker yang udah tersertifikasi lhooo

4 thoughts on “Blogger yang mengaku-aku Blogger

Leave a Reply

