Privacy

Postingan ini tercipta karena percakapanku dengan seorang teman berinisial D (aku gak tulis nama yaa). Sebenarnya pun percakapan kami itu tercipta karena teman kami sebut saja namanya Bunga seorang lelaki tampan nan rupawan tiba-tiba di suatu acara berkumpul itu merasa kaget karena profile picture di salah satu akun sosial medianya berganti. Padahal dia sendiri saat itu nggak merasa mengganti. Siapakah tersangkanya? Tak lain dan tak bukan adalah sang istri.

Pada saat itu sih si teman kami ini nggak mengucapkan kata-kata marah atau kesal atau pun cerita jelek tentang perbuatan istrinya itu, tapi dari raut wajahnya itu (sok membaca raut wajah) kelihatan dia malu dan kesal.

Nah aku dan si D ini pun ngerasani di belakang beliau (muup eaaa).

Menurut aku, perbuatan masuk ke dalam akun sosial media entah itu fesbuk atau twitter apalagi email tanpa sepengetahuan dan ijin dari yang punya akun itu adalah perbuatan yang nggak sopan. Tapi kalau menurut temanku D, karena mereka suami-istri jadi harusnya salah satu bisa baca-baca akun pasangannya harusnya nggak apa-apa kan sudah menikah jadi nggak ada rahasia.

Benar nggak sih kaya gitu?

Apakah ketika kita menikah, otomatis seluruh bagian dari diri kita harus kita bagi dengan pasangan? Apakah nggak ada hal-hal yang bisa kita simpan sendiri selain di dalam hati dan pikiran?

Menurut aku sih ketika kita menikah (apalagi masih pacaran), kita tetap butuh ruang untuk diri sendiri. Untuk menyimpan sesuatu yang benar-benar pribadi dalam hidup kita. Contoh kecil dan gampang banget deh, seandainya nih di dalam email atau fesbuk itu ada chat dan surat dari kakak/adik/ibu/ayah atau keluarga kita yang merupakan hal rahasia dimana pasangan kita sebenarnya nggak berhak tau, trus kalau dia baca isinya dan akhirnya tau lalu gimana?

Pengalaman pribadi sih pernah punya pasangan yang kepo dan sok tau masuk ke akun sosial mediaku dan masih mending ya cuma kepo baca-baca. Dianya bahkan melakukan blokir terhadap beberapa orang yang menurutnya bakal membahayakan hubungan kami (misalnya nantinya bakal godain aku dsb). Sebuah hubungan dibangun atas dasar kepercayaan, kalau yang begini aja nggak percaya mau jadi apa nanti?

Pikirkanlah hal itu (Khrisna Style).

 

13 thoughts on “Privacy

      • sepengetahuan dalam arti kita sama2 tau kalo kita bisa anytime masuk ke socmed/email masing2. tapi ya kalo pas misalnya gua lagi mau liat fb nya esther, ya gua masuk aja, gak ngomong dulu.๐Ÿ˜€

        tapi yah jelas gak pake ganti2 foto atau blokir2. paling posting2 foto (nambahin). hahaha.

      • yah kalo kaya gitu laen cerita sih man karena udah sama2 ngasi ijin tapi pengalaman pribadi gw itu kaget banget lho diem2 masuk ke akun gw dan ngeblokirin orang2 sampe ketauannya orangnya nanya kenapa dia ga bisa lihat akun gw -____-

  1. saya dg suami termasuk yg ga ada rahasia sih Ka.. tapi tetep sebelum itu ada perjanjiannya, boleh buka boleh baca tapi ga boleh utak utik.. alhamdulillah sampe saat ini baik2 saja..๐Ÿ™‚
    Kalo yg kasus di atas sih itu sdh kepo tingkat berat lebih mengarah ke posesif kali ya..๐Ÿ™‚

  2. Wah, aku gak setuju banget tuh kalo kayak gitu, nggak ijin. Meskipun sudah berumah tangga. Tapi setiap ada sesuatu, inbok atau sms dari orang yang memang butuh diceritakan sih kami saling memberitahu. Sama-sama terbuka, tapi bukan berarti tidak menjaga privacy. Kalau sampai blokir2 gitu rasanya nggak etis ya Mbak, meskipun itu pasangan kita sendiri. Selagi masih bisa dikomunikasikan, kenapa harus kepo ya? Padahal sama pasangan sendiri.

  3. Hmm… ini jadi pembelajaran buat saya, gimana nanti bersikap saat sudah punya suami. Rasa2nya kalo mau ngelihat2 akun sosmed pasangan mungkin gak papa ya. Tapi kalo sampe ngeblokir akun yang dicurigai, itu udah berlebihan.
    Etapi… kalo pasangan sampe baca2 riwayat chat kita… aaah, jangan sampai deh๐Ÿ˜€

  4. In other words, well-liked The Most Popular Pair of Jordan Shoes for Basketball.

    I did not mention every little thing because I do not want to ruin the surprise.
    Critically acclaimed video games, for example, often have shared pricing between digital and retail copies.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s