[Book Review]: Misteri Anak Jagung

17675545

Judul buku: Misteri Anak Jagung

Penulis: Wylvera W.

Penerbit: PT Penerbit Pelangi Indonesia

Cetakan: Pertama, Januari 2013

Tebal: 197 halaman

Kebanyakan anak-anak pada usia sekolah terutama saat duduk di bangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, memiliki kecenderungan menyukai hal-hal berbau misteri. Mereka selalu ingin mengasah jiwa detektifnya untuk memecahkan berbagai persoalan dan kasus yang berada di sekitarnya.

Kehadiran buku remaja bertema misteri tentu akan diminati banyak remaja seperti serial Lima Sekawan atau Pasukan Mau Tahu yang terkenal itu. Ternyata di Indonesia pun banyak juga penulis lokal yang senang menulis cerita misteri seperti buku ini.

Gantari seorang siswi sekolah dasar di Star Elementary School Urbana, Amerika Serikat. Gantari berasal dari kota Medan Sumatera Utara, namun telah enam bulan menetap di Urbana bersama ayah, ibu dan seorang adik perempuan bernama Eka. Mereka harus mengikuti sang ayah yang tengah mengambil beasiswa pendidikan di sana.

Selama bersekolah di Star Elementary School, Gantari hanya memiliki teman dekat Delia seorang anak perempuan berkerudung yang juga berasal dari Indonesia. Gantari ingin sekali memiliki teman dekat lainnya terutama yang berasal dari Urbana. Sampai suatu hari mereka berdua berkenalan dengan Aldwin, seorang anak anak blasteran Jawa-Inggris. Aldwin tinggal di apartemen yang berdekatan dengan apartemen keluarga Gantari.

Gantari adalah seorang anak istimewa, selain pintar dalam pelajaran di sekolah ia pun memiliki kelebihan khusus yaitu mampu membaca dan melihat apa yang akan terjadi. Karena seringnya kata-kata Gantari benar terjadi, keluarga menjulukinya ‘anak dukun’. Gantari tidak merasa keberatan dengan julukan itu.

Saat di Medan, Gantari sering mendengar kisah tentang Anak Jagung yang diceritakan oleh neneknya. Di rumah mereka di Medan banyak terdapat ladang jagung milik penduduk yang menjadi sumber mata pencaharian keluarga. Gantari sangat penasaran dengan misteri anak jagung tersebut. Ia selalu berpikir bahwa cerita yang dikisahkan neneknya sungguh benar adanya.

Selama kedekatannya dengan Aldwin ia menemukan bahwa temannya itu menyimpan rahasia, terutama tentang Robin yang sering diceritakan Aldwin namun tak pernah dikenalkan wujudnya.

Dalam pencahariannya memecahkan misteri keberadaan anak jagung, Gantari menemukan kenyataan yang mengejutkan tentang kisah persahabatan Aldwin dan Robin bahkan usahanya itu hampir saja merenggut nyawa Gantari dan Aldwin.

Buku yang menarik ini mengangkat cerita setengah tradisional setengah modern dalam perpaduan dua lokasi yang berbeda. Penulis sempat memaparkan bahwa tokohnya heran dengan suasana kota kecil Urbana yang jauh dari bayangannya tentang Amerika Serikat dengan gedung-gedung tinggi. Kenyataannya kota ini sama dengan suasana di kota asalnya di Medan. Meski sempat bingung di daerah mana ya di Medan yang banyak ladang jagungnya?

Beberapa dialog dalam bahasa Inggris adalah kalimat-kalimat sederhana yang tidak sulit dipahami untuk anak usia remaja. Pemecahan misterinya pun cukup sederhana meski cukup mencekam di tengah cerita. Namun penulis dengan cerdik mengakhiri ceritanya pada ending menggantung yang merupakan favorit banyak orang, akankah ada lanjutan dari kisah anak jagung selanjutnya?

 

 

6 thoughts on “[Book Review]: Misteri Anak Jagung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s