[Book Review]: The Hunter

17154732

Title: THE HUNTER (Pemburu)

Author: Asa Nonami

Publisher: Gramedia Pustaka Utama

Pages: 536 pages

Started: April 7th, 2013

Finished: April 7th, 2013

Detektif Takako Otomichi adalah seorang opsir polisi perempuan yang sebelumnya berada di divisi polisi lalu lintas sebagai polisi patroli sepeda motor (dengan julukan kadal). Ketika ia meminta pindah ke departemen kriminal, bukan hanya tatapan aneh dari beberapa rekan polisi laki-laki saja yang ia hadapi namun juga dari keluarga dan suaminya yang akhirnya berselingkuh dan ia tinggalkan.

Detektif Otomichi menghadapi sebuah kasus pembunuhan berantai yang sangat rumit di daerah Tachikawa. Mulanya dari satu kasus kebakaran di sebuah restoran keluarga yang menewaskan Teruo Hara, lalu ditemukannya mayat seorang laki-laki dan seorang perempuan yang diduga telah diserang seekor anjing besar di dua lokasi berbeda.

Bila dilihat penyebab-penyebabnya kasus pertama dan kedua sepertinya tidak berkaitan namun ternyata tidak. Kenyataan bahwa tersangka pembunuhan ini kemungkinan adalah seekor anjing serigala membuat kasus yang dihadapi detektif Otomichi begitu menguras pikiran dan tenaganya. Belum lagi partner kerjanya seorang polisi laki-laki senior yang sangat anti dengan perempuan. Otomichi harus menghadapi sikap dingin dan tatapan melecehkan dari detektif Takizawa yang menganggap bahwa profesi itu tak pantas untuk perempuan.

Otomichi yang ditentang sejak awal oleh ibunya menjadi polisi juga harus menghadapi masalah keluarga. Adik perempuannya yang selama ini terlihat kekanakan ternyata mulai berpacaran dengan lelaki beristri. Masalah keluarga dan pribadi yang pelik itu pun harus ditambah dengan pengejarannya bersama team untuk mendapatkan Topan, sang anjing serigala.

***

Buku ini menceritakan dengan sangat detail pemecahan sebuah kasus yang dihadapi oleh seorang detektif. Paparan yang menarik dilataribelakangi emosi dan penggambaran karakter tokoh dengan sangat jelas. Meski pemecahannya sudah diketahui di tengah-tengah buku namun tetap menarik untuk dibaca sampai akhir.

Buku ini juga menggambarkan dengan jelas bahwa perempuan memiliki kekuatan di dalam dirinya untuk berjuang melawan pelecehan sikap dari kaum lelaki meski dalam bentuk terkecil sekalipun. Tokoh Otomichi digambarkan sebagai sosok perempuan yang meski terlihat feminin di luar namun tangguh dalam kenyataannya.

7 thoughts on “[Book Review]: The Hunter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s