Dongeng Sebelum Tidur

Sejak kecil, aku dan kakak-kakak serta adikku terbiasa mendengarkan dongeng dari ibu dan ayah kami. Ibu menceritakannya saat menjelang tidur bahkan sampai aku dewasa. Dongeng yang diceritakan ibuku lebih banyak bertema nusantara semisal Bawang Merah dan Bawang Putih, Sangkuriang, Malin Kundang, Batu Bertuah dan masih banyak lagi. Saat aku beranjak remaja dan dewasa dan seiring itu ibuku pun lebih banyak menceritakan cerita bertema religi dari kitab suci yang bukan merupakan dongeng belaka.

Beda dengan ayahku, beliau lebih senang membelikan buku-buku bacaan, mulai dari dongeng HC Andersen yg bentuknya komik, cerita rakyat dalam bentuk komik dan buku, maupun buku-buku ilmu pengetahuan dasar dan biografi untuk anak-anak. Beliau membiasakan kami semua untuk senang membaca dan ibu membiasakan kami semua untuk senang membuat cerita (menulis) karena seringnya mendengar beliau bercerita.

Dari seluruh anak-anaknya yang berjumlah 7 orang tak ada satu pun dari kami yang tak senang membaca dan menulis. Terutama membaca. Rajinnya ayahku membelikan buku cerita, novel, dongeng, majalah anak-anak, koran dan buku-buku ilmu pengetahuan lainnya membuat aku terbiasa dengan bacaan. Tak heran kebiasaan itu terbawa terus sampai kami semua menjadi dewasa. Sampai usiaku 25 tahun, ayahku masih saja berlangganan majalah Bobo di rumah meski usia yg paling muda di rumahku adalah adikku (22 tahun). Kami menyenangi cerita anak-anak, cerita ringan bahkan ilmu pengetahuan yang terlihat sepele di majalah itu menjadi hal yang mengasyikkan untuk dibaca. Ayahku juga tak pernah berhenti untuk membelikan buku-buku cerita termasuk buku dongeng.

Kumpulan Dongeng Hans Christian Andersen yang sangat populer ini adalah buku dongeng terakhir yang dibelikan ayahku saat aku terakhir tinggal di Medan (sekitar tahun 2004). Cerita-ceritanya sangat populer dan sering dicetak ulang baik dalam bentuk kumpulan ataupun dalam bentuk cerita tunggal.
Kemarin, karena toko buku gramedia sedang ultah dan kasi diskon 25% untuk semua buku terbitan mereka yang sangat jarang terjadi, aku pun membeli kumpulan dongeng HC ANdersen dengan sampul yang berbeda

TErnyata setelah dibuka, isinya sama persis seperti buku dongeng yang dibelikan alm ayahku dulu, ada 7 cerita HC Andersen yang sangat populer di dalamnya, termasuk cerita Gadis Korek Api.

Sebelumnya sih aku sengaja membelikan enrico buku dongeng yang dibuat perkisah, dan macam-macam pengarangnya. Ada HC Andersen, Grimm, Perrault dan lainnya, tapi memang aku belum pernah membelikan dia DOngeng Klasik dari negeri sendiri. Entah kenapa dari dulu rasanya dongeng-dongeng nusantara itu kurang bagus cetakannya walaupun ada juga kumpulan dongeng nusantara yang bagus penampilannya. Tapi dibandingkan buku-buku dongeng dari luar, cerita rakyat nusantara seperti kurang menarik dari segi gambar dan penampilannya. Padahal aku ingin sekali memperkenalkan anakku pada kekayaan cerita rakyat yang juga beragam seperti Malin Kundang dan lain-lain itu. Atau aku aja kali ya yang belum nemu bukunya?

Oh iya, mungkin belakangan postinganku banyak yang seperti promosi ya bahkan postingan ini agak mempromosikan event di toko buku pula, tapi beneran koq baik postingan ini, yang sebelum ini bahkan yg sebelumnya lagi itu sama sekali gak dibayar lhooo😀.

20 thoughts on “Dongeng Sebelum Tidur

  1. Mendongeng sebelum tidur masih aku lakukan sampai sekarang sama sekar sist, sebagian dari buku sebagian ngarang sendiri😀
    Bisa membentuk karakter dari dongeng ini dan lebih mendekatkan batin ibu dan anak juga

  2. waaa gua punya tuh buku kumpulan dongeng andersen persis yang di gambar pertama itu!!!
    suka banget gua ama buku itu dulu pas kecil. entah udah berapa kali dibaca ulang.😀

  3. yah… aneh banget komen yang beneran gak masuk, yang cuma nanya doang malah masuk. hahaha.

    gua dulu pas kecil punya tuh buku kumpulan dongeng andersen. persis ama gambar yang peratma. suka banget ama buku itu, gak tau udah berapa kali dibaca ulang.😀

  4. bener banget. kemasan cerita anak indonesia kurang menarik.
    tapi jaman aku esde dulu, kayanya biar bentuknya jelek tetep aja dibaca….

  5. saya juga masih baca Bobo Kak, sering beliin buat ponakan ikutan baca deh😀

    oya dongeng Indonesia ada kok, semacam hikayat dan cerita rakyat, cari aja di toko buku biasa..
    atau di pasar buku bekas😀

    dari kecil bacanya justru dongeng2 Indonesia hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s