wadah plastik dan homoseksualitas

Karena menurutku ini penting, maka postingan dari blog julie ini aku repost di sini😀

Sejak lebih dari lima tahun terakhir, kita banyak membaca berita-berita tentang homoseksual pada lelaki dan perempuan yang saling menyukai sesama jenis. Mulai dari kasus pembunuhan yang biasanya disebabkan rasa cemburu dan uang, lalu belakangan kasus penipuan jenis kelamin pada pernikahan.

Mungkin kita berpikir alangkah bodohnya orang yang telah tertipu tersebut, tak bisa membedakan apakah dia lelaki atau lelaki tulen. Sepenuhnya hal itu tak bisa disalahkan karena aku memiliki teman yang menjadi korban kehomoseksualan suaminya. Penampilan mereka sangat biasa, seperti lelaki pada umumnya, kecuali yang berpakaian wanita, kita hampir tak bisa membedakannya.

Banyak pengamat sosial dan rohani yang mengatakan adanya penurunan nilai moral pada manusia. Pesatnya informasi yang begitu mudah didapat, dan lalu menyalahkan internet sebagai sumber yang membawa informasi negatif yang menyebabkan rusaknya moral manusia.

Namun, sadarkah kita bahwa ternyata ada satu hal yang diindikasikan sebagai penyebab dari ketidaknormalan orientasi seksual ini? Dan hal tersebut adalah wadah plastik dalam hal ini plastik PC (Polycarbonate).

Isu tentang BPA (Bisphenol-A) yang terkandung dalam wadah plastik PC telah kudengar sejak tahun 2009, sebagai salah seorang yang terlibat langsung dengan produk berbahan plastik PC, tentu aku sangat concern mengamati isu tersebut.
Plastik PC sendiri dibuat dari campuran BPA dan phosgene, penambahan Natrium Hidroksida pada reaksi menghasilkan senyawa Polycarbonate.

Plastik PC sendiri sering digunakan pada wadah botol susu bayi, galon air mineral, alat-alat kesehatan, botol minuman (sport drinking bottle), lensa kacamata, wadah makanan plastik, dll.

BPA yang merupakan zat pembentuk PC dapat terlepas dan bermigrasi pada minuman atau makanan yang ditempatkan pada wadah plastik PC. Migrasi BPA pada makanan akan terjadi sangat besar apabila makanan atau minuman tersebut dipanaskan langsung dlm wadah plastik tersebut, atau saat wadah plastik tersebut dalam temperatur panas, atau saat larutan dan makanan dalam keadaan panas (contoh: saat melarutkan susu formula tentu tidak dengan air dingin melainkan sedikit air panas untuk pencampurannya).

BPA ditemukan sebagai Chemical Disruptor in Endocrine Systems yang merupakan senyawa kimia yang bertindak menyerupai hormon (dalam hal ini estrogen) pada sistem endokrin.
Kerusakan yang dapat disebabkan oleh Endocrine Disruptors adalah:
– Maskulinisasi perempuan
– Feminitas pada lelaki
– Intersex (ketidakjelasan jenis kelamin)
– Problem pada sistem neurologi
– Organ reproduksi yang abnormal
– Hiperaktivitas pada anak
– Kecenderungan pubertas yang sangat dini pada perempuan
– Rendahnya jumlah dan kualitas sperma pada lelaki

Tentunya penelitian tentang dampak BPA ini baru dilakukan pada hewan saja, namun bila kita melihat kembali kasus-kasus homoseksual yang terjadi belakangan semakin tinggi, belum lagi mulai terjadi kekeliruan pada pemilihan suami😀, hal ini membuat beberapa negara terutama Eropa telah mengeluarkan statement untuk melakukan banned terhadap wadah plastik PC di negara mereka.

Indonesia dalam hal ini Badan POM masih mendiskusikan untuk membolehkan atau mengkaji ulang konsentrasi yang diperbolehkan utk jumlah lepasan BPA pada wadah plastik PC.

Untuk menghindari terjadinya abnormalitas pada anak-anak kita, mulai sekarang hindarilah penggunaan wadah plastik PC seminimal mungkin, pilih botol susu bayi yang terbuat dari kaca atau PP (polypropilene), gunakan galon air minum untuk suhu normal atau dingin saja, gunakan wadah plastik lain untuk menyimpan makanan, dll.

41 thoughts on “wadah plastik dan homoseksualitas

  1. ini tentang jeruk makan eruk ya Mbak… nurut saya sih faktor BPA itu cuma kecil pengaruhnya.. mental, moral, pendidikan agama mungkin itulah hal yang harus jadi perhatian. termasuk lingkungan karena saya melihat lingkungan berpengaruh besar pada perubahan seseorang. misal nih seorang separuh waria pastilah akan menjadi full waria jika masyarakat kanan kiri selalu menjauhi dan melecehkan apa yang saat itu dia idap.

  2. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Saya barusan aja baca di serpihan gerhana
    jadi komennya juga tak kopaskan dario sana, hehehehehe…

    Plastik memang murah dan mudah mendpatkannya. Tetapi dampak negatifnya bagi kesehatan dan lingkungan sangat besar. Apalagi jika menggunakannya tidak sesuai dengan jenis-jenis bahan pembuatnya.
    Melepaskan diri dari plastik memang sulit tapi paling tidak kita musti berusaha mengurangi pemakaiannya. Kalaupun menggunakan plastik, pastikan sudah sesuai dengan petunjuk dan sesuai dengan kode plastiknya.

  3. ya makasi Mbak..info yang bagussekali..agar kita semua semakin bijak memilih wadah yang tepat untuk menyimpan minumandan makanan, sehingga bisa terhindar dari gangguan kesehatan.
    SALAM.. 8)

  4. Ha? bisa gitu ya kak? serem amat..
    okelah, nanti aku pake botol kaca kalau udah punya baby!
    *kapaaan Bhiii? kapaaaan??* 😆

  5. Julie, plastik jenis PC itu yang seperti apa ya? Karena wadah plastik kan macem-macem banget. Kantong plastik bening yang biasa dipakai untuk tempat makanan (seperti gula pasir, dll.) itu termasuk plastik PC bukan?

    Hmmm … plastik memang praktis, tapi bikin susah manusia maupun lingkungan ya😦

  6. aduh, parah bener?
    berarti kudu siap2 neh biar nanti anak sendiri dijauhkan dari bahan2 itu
    kan ga mau klo sampai punya anak yang transgender?!

  7. jadi inget zaman dahulu, kalau mau belanja ke pasar tuh bawa tempat belanjaan. Kalau sekarang…ga bawa apa2 waktu berangkatnya, pulangnya bawa kantong plastik buanyak banget…yang warna hitam2 tuh…

  8. sepp…terima kasih atas ilmunya..tapi emang didalam Islam ada sebuah hukum alam yang menceritakan bahwa kejadian² mala lampau itu akan kembali lagi contohnya ya “homoseksual” entah itu lewat perantara apa itu adalah Sunnahtullah…hehehehe salam

  9. Pingback: Award itu begitu mengembun « Batavusqu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s