sang mantan

gara-gara sebuah puisi yang akan tayang di buku gerhana coklatku, aku terlibat sedikit diskusi seru dengan seorang teman sma.

begini puisinya:

pada mata yang menyatakan cinta

aku memungut diam-diammu

Tatkala kita duduk menghadap taburan langit berwarna abu-abu pucat

Berdua di atas roda yang melaju

Kerumunan kunang-kunang mengutarakan cahayanyaTepat pada kedua bola matamu

Tak berdesir sedikitpunAngin yang mengutarakan inginnya

Mendekap hati kita

Karena semua bermuara

Pada satu kata

Cinta

#november 2004

Kepada aldian irfan

Bila kita perhatikan, puisi itu bertanggal november 2004, tepat saat Aldian memintaku untuk menikah dengannya. Dan setahun kemudian aku menikah dengan orang lain๐Ÿ˜€.

Temanku tadi, sebut saja namanya Rida (eh ini kan nama istri si Aldian??), mengkonfrontasi mengapa aku mencantumkan nama beliau itu di dalam buku kumpulan puisiku sementara puisi-puisi lainnya tak mencantumkan nama lelaki-lelaki lain yang menjadi inspirasiku.

Memang, beberapa puisi ditujukan untuk beberapa orang yang berbeda, namun rasanya aku lebih nyaman hanya mencantumkan nama Aldian saja. Yang tidak dipahami Rida adalah kenapa aku begitu terang-terangan menulis nama itu, apakah kekasihku saat ini tidak marah? (aku udah nanya koq katanya dia gak marah :D) Lalu untuk apa aku menulis namanya, kalau sang ALdian membaca atau istrinya membaca bagaimana perasaan mereka berdua? Bagiku tak masalah, itu kan tulisan lama.

perdebatan kami tak berakhir dengan baik dan sempurna. masing-masing mempertahankan pendapatnya. rida merasa lebih baik tak mencantumkan nama aldian atau sekalian mencantumkan semua nama biar adil, dan aku berkeras untuk tetap mencantumkan nama aldian karena yaaah bagiku dia adalah lelaki paling berkesan dalam hidupku.

kita masing-masing pasti kan punya gambaran tipe ideal untuk menjadi pasangan, dan aldian memiliki semua keidealan itu. namun kami tak berjodoh saja.

kalau seandainya aku mengikuti saran rida untuk mencantumkan semua nama di buku itu, wahhh akan lebih rumit lagi jadinya, nantinya akan ada nama muhammad rifan atau karel abdul gani. hahaha.

๐Ÿ˜‰

ps: kamu gak marah kan sayang?

Note lagi:
terima kasih untuk semua teman yang sudah memesan buku gerhana coklat. alhamdulillah cetakan pertama sudah fully booked. bagi teman-teman yang tidak kebagian cetakan pertama plus mugnya akan langsung saya pesankan untuk cetakan kedua dengan hadiah yang mungkin berbeda.๐Ÿ˜€

bunga yang cantik. seseorang memberiku setelah makan siang tadi๐Ÿ˜€

 

note lagi:

sejak besok sampai dengan minggu saya ada di jogjakarta, dan besok itu ada kopdar lho jam 7 malam di plaza ambarukmo, ayoo sapa yang mau ikutan?

 

64 thoughts on “sang mantan

  1. Aw aw aw :p itu nama siapa saja mbak, sang mantan semua, hehe, mau mantan mau ndak toh dulu juga ada dalam hidup kita, yang penting tetap menjalin silaturahim, sip.. Uang akan segera dtransfer..

  2. karna sudah berlalu, ndak papa kali ya kak menuliskan namanya…
    apalagi sudah sama2 ikhlas dengan kehidupan masing2…๐Ÿ™‚

    buku & mug Tt gk ketinggalan kan Kak?๐Ÿ™‚

  3. Wah sang mantan di jelang nih…
    Memang tiap orang punya tipe ideal untuk dijadikan pasangan, tapi kalau belum jodoh ya kita tidak bisa memaksakannya.. sudah ada yang mengaturnya….
    Slam kenal mbak…

  4. Cinta lama memang indah untuk dikenang ya.
    Menurutku ya seharusnya sih tidak usah marah lah doi ya, karena yg sudah berlalu itu kan gak ada rasa lagi (benar kan gak ada rasa lagi?) jadi untuk diceritakan pun santai2 saja …๐Ÿ™‚

  5. Punya banyak mantan itu ternyata repot ya…hehehe๐Ÿ˜›
    Jul, buku pesenan saya udah dicatet kan?
    Kabarinnya lewat sms aja deh, suka ketinggalan berita kalo lewat blog…
    *dengan kata lain, jarang update*

  6. Eh Kak ini buku yang mana lagi? buku kumpulan puisi yang pernah di jadikan ebook itu kah?

    Eh.. ngapain Rida marah ya, lha wong suaminya kak Julie aja ga marah kok? justru mestinya yang marah suaminya Kak Julie yaa…๐Ÿ˜›

    Eh iya, namaku ikut dicantumin disitu gak ya?

  7. wah… sang suami sangat berjiwa besar skali ya… hmm klo aku mungkinn sdh ngambekkk.. ga mo negor berhari-hari.. untung ea mba meridnya ga ma aku hehehe ( yang punya blog jawab:” HEH SAPA LO?” ) sukses buat bukunya

  8. Selalu ada satu laki-laki yang sangat berkesan di hati kita meski kita tidak berjodoh dengan dia, tapi nama itu akan nyaman untuk kita sandang sampai detik ini

    sah-sah saja rasanya kok Jul, Nyata terjadi dalam hidupku dan mendapat komentar yang sama dari istri..so Aku harus berbuat apa..? rasanya itu bukan dosa dan tak melanggar hukum

    selamat launcing Bukunya Jul

  9. Nah, hidup itu ya begitu, ndak tahu nanti sama siapa๐Ÿ™‚.

    Hari ini saya sudah ada janji kopdar mulai siang di AngkringanQ, jadi ndak bakal sempat jalan-jalan ke amplaz๐Ÿ˜€.

  10. saya gak marah kok asalkan mbak juga gak marah
    *jangan marah ya karena saya belum transfer pembayaran bukunya๐Ÿ˜€ . Sibuukk terus*

  11. komen ya.. soal mantan yah? kalo aku yg ada di posisimu kemungkinan suamiku juga tdk marah.paling dia bilang:you yourself will be responsible for the consequences of what you write.
    tapi kalo aku di posisi istrinya aldian dan baca tulisan ini,bisa habis si aldian kucecar pertanyaan๐Ÿ™‚ sampai dapat jawaban yg memuaskan.
    put ourselves in someone else’s shoes is useful before deciding something

  12. Waw..waw..waw..
    sang mantan nih ceritanya,,
    hehhheh..
    kalau dalam bahasa jawa ada pepatah gini mbak
    “Plemben-plemben..Roti..Roti..
    Biyen..Biyen.. Saiki..Saiki…”
    kalau di Indonesiakan gini :
    (Plemben (kue sejenik cake.. Roti..roti..
    Biyen (dulu) dulu.. Saiki (sekarang-sekarang)

  13. Jika saya pasangan Aldian …
    Saya sepertinya akan sedih sekali

    memang ini masa lalu
    tetapi kita manusia biasa …
    pasti ada sejumput rasa cemburu …
    cemburu pada masa lalu
    yang celakanya tidak bisa berkompetisi dengannya …

    salam saya

    • iyah, aku setuju sama pakdhe…
      rasa cemburu pasti tetap ada mbak…๐Ÿ™‚
      eh, pusisinya bagus lho mbak..hihi

  14. mau bunganya aja boleh Jul?๐Ÿ˜€

    btw itu tau2 udah pada order ceritanya di mana?
    aku ketinggalan kereta rupanya ya Jul๐Ÿ˜ฆ

    jadi klo aku mo pesan juga ngikut kloter ke-2 ya? Hmm …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s