hanya seorang blogger saja

aku ingin ikutan kontes KUMATnya pakdhe ganteng.

walopun di detik-detik terakhir ya kan pakdhe?

aku memulai menulis blog ketika sebuah social media berjudul friendster sedang populer. tahun 2005, dua orang mahasiswa centil yang merupakan teman kostku saat aku bekerja sebagai seorang store manager di sebuah pharmacy, memaksaku untuk membuat account friendster yang tak terlalu banyak diminati pada saat itu.dan lalu blog itu pun terbengkalai setelah 5 postingan.

tahun 2008, aku memulai sebuah pekerjaan baru yang mengharuskan aku untuk selalu berhubungan dengan dunia internet. tak sengaja menemukan sebuah blog yang menuai banyak komen yang menyebabkan aku bisa berinterkasi dengan beberapa komentator (saat itu komentator yang ada sebagian bukan blogger). lalu bulan july 2008 aku mulai membuat blog pertamaku berjudul julie.blogdetik.com dengan tagline “serpihan gerhana”.

serpihana gerhana ini tercipta karena saat aku sangat menyukai gerhana, dan saat itu aku sedang merasa menjadi serpih. aku yang merupakan seorang anak dan seorang istri juga seorang ibu, merasa sedang berduka karena di saat yang sama aku kehilangan ibu dan suamiku.

dengan menulis aku ingin menumpahkan kepedihan. awal tulisanku adalah postingan bernada sedih dalam suasana duka atas kepergian alm ibuku.

lama-kelamaan aku mulai berinteraksi dengan blogger lainnya, tak hanya sebatas online, aku pun sering mengadakan pertemuan dan komunikasi by phone dan messenger dengan bloggers itu secara personal maupun dalam komunitas.

ketika pada bulan maret 2009 ayahku menyusul ibu menuju Tuhan, aku pun merasakan kepedulian teman-teman blogger yang mensupportku. tak hanya melalui postingan dan messenger serta sms, bahkan aku secara langsung dibantu mencari tiket pulang oleh sahabatku ella dan saat jenazah ayahku disholatkan, maureen yang sebelumnya tak pernah bertemu menyempatkan utk datang dan ikut mensholatkan jenazah ayah.

kekuatan persahabatan yang dimulai dari dunia maya nyatanya bisa berlanjut ke dunia nyata.

saat ini blog lamaku sudah sangat jarang aku kunjungi karena aku lebih memilih untuk menulis di blog gerhanacoklat yang aku buat pada bulan oktober tahun 2009. mulanya ingin menulis artikel pharmacy yang sesuai dengan bidang ilmuku tapi nyatanya aku memang penyuka tulisan asal-asalan dan spontan.

meski selama ngeblog ada orang-orang yang menuduhku mencari popularitas dan eksistensi, dan ada pula yang menganggapku seorang blogger senior dan penulis buku. tapi nyatanya aku ini hanya seorang blogger biasa saja. tak lebih.

dan hanya ingin memiliki teman dan persahabatan yang tulus.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.

 

Note: bagi temen-temen yang blognya belum tercantum di blogroll aku, tolong sebutin di komen yaaa soalnya sedang mengumpulkan teman-teman yang tak terlink hehe

 

91 thoughts on “hanya seorang blogger saja

  1. NgeBlog memang sangat bermanfaat kalau kita mampu memanfaatkanya dengan baik. Saya mungkin baru ngeblog beberapa bulan, jadi masih amatir. Tapi saya benar-benar merasakan manfaat yang sangat besar dari blog pada diri saya. Postingan bagus Mbak🙂

  2. Persahabatan itu tak akan lepas ya sist, walau cobaan sering menimpa namun kekuatan ikatan bathin kita yang menguatkan dan semua aral lintang harus dihadapi karena akan mendewasakan kita

  3. setuju dengan hani, julie bukan seorang blogger biasa namun blogger yang luar biasa…
    jadi sedikit tahu tentang Julie, ikut sedih..kehilangan orang-orang yang kita cintai…semangat selalu ya Julie…sukses ikut lombanya di pakdhe ..

  4. wah ternyata persahabatan dunia maya tidak kalah dengan dunia nyata,.. hehehhe…

    mudah2an saya juga menemukan sahabat2 baru d dunia maya dengan asyknya ngeblog…

    salam hangat

    salam kenal semwa….

  5. salam malam, mbak-ku yg super..?
    walaupun pernah apdet cuman secuil namun sangat kharismatik
    sungguh..? semangatmu.. semangat mereka semua dan gue tentunya
    o ya.. salam sama keluarga-muw🙂

  6. mencari popularitas dan eksistensi …
    What’s wrong with that ?

    Tidak apa-apa kan … ?
    Yang penting kan caranya …
    Dan saya pikir … menjadi Blogger adalah cara yang Eiylekhan …
    tidak melanggar hukum
    tidak melanggar norma
    tidak melanggar tata nilai

    Asal isinya bisa dipertanggung jawabkan …

    Sukses Terus Jul … !!!
    Maju Terus !!!

    Salam saya

    • Wah mbak Julie udah lama juga ya ngeblognya hehe..

      btw, sepakat dengan pendapat Om NH kalo dibilang mencari popularitas dan eksistensi ya gak masalah.. toh ngeblog justru lebih positif dari sensasi para artis hehe.. lagian kalo terkenal di blog pada akhirnya kita jadi banyak temen, nah mbak Julie dah membuktikannya dan merasakan manfaatnya.. so ngeblog aja terus selama kita masih sanggup dan mampu.. ok?
      Semangaaatt!! dan semoga sukses kontesnya😀

  7. Selamat swaja untuk kontesnya semoga kita semua bsia bermuhasabah dan ke depannya bisa berbuat lebih baik lagi.😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  8. yang biasa itu justru kusuka kak..🙂
    karena kebiasaanmu adalah, berbagi, cerita seru, puisi indah dan fiksi2 ringan yang menyenangkan..🙂

    sukses terus kak..🙂
    salam buat richo yang ganteng ituh..

  9. ka,lama tak mampir. kaka hebat banget ya,sudah melalui cobaan macam macam tapi tetep bisa ceria di postingannya.siapa sih ka yang nuduh kaka hanya cari eksistensi?tanpa dicari keliatannya kaka sudah sangat eksiss hi hi hi.

Leave a Reply

