blogger dan komunitas

aku masih ingat pertama mendengar kata ‘blog’. saat itu aku membacanya di sebuah majalah remaja (padahal aku sudah menikah saat membacanya). pembahasan yang ada tentang blog seperti sebuah buku digital yang di dalamnya kita bisa menuliskan apapun. ilmu pengetahuan, curhatan pribadi, bahkan humor ala penulisnya sendiri.

saat membaca informasi tentang blog, aku tak terlalu memahami bagaimana cara membuatnya. meski memiliki akses untuk online di internet yang kulakukan sehari-harinya hanya mengakses email, chatting di mirc, dan membaca berita seputar sepakbola dan jurnal farmasi. tak terpikir olehku untuk membuat blog.

sampai pada suatu hari aku membaca sebuah postingan di blogdetik dan penawaran untuk membuat blog gratis. terciptalah blog pertamaku berjudul julie.blogdetik.com dengan postingan awal pada bulan july 2008 yang sangat mellow, aku masih ingat judulnya “a different ramadhan” dan kuhapus kemudian karena isinya setiap dibaca membuat sedih😀.

awal menjadi blogger atau narablog, interaksi yang kutemukan adalah sebatas berbalas komen dan saling mengunjungi, pengunjung pertamaku adalah tonosaur dan easy plus fanabis yang admin blogdetik. lalu meluas ke blogger lainnya. sampai akhirnya teman-teman yang saling berkomen memutuskan untuk bertemu pada kopdar di bulan oktober 2008, kedekatan yang terbangun secara online diteruskan dalam bentuk silaturahmi offline.

pada setiap kopdar kami membahas tentang blog dan kemungkinan-kemungkinan yang membuat dunia ini berkembang.

setelah beberapa kali bertemu kami memutuskan untuk membuat pertemuan selanjutnya lebih  bermanfaat dengan kegiatan yang positif. lalu terlahirlah sebuah komunitas, yang tak hanya dibentuk secara offline oleh yang hadir saat itu namun juga disepakati secara online oleh blogger lainnya yang meramaikan dengan fasilitas messenger.

aku percaya setiap komunitas dibentuk dengan tujuan yang positif. dan dblogger pun demikian. secara personal aku mengenal banyak sekali blogger namun tak tau dari komunitas mana sajakah mereka, untuk itu aku ingin sekali mengenal tak hanya personal blogger saja namun juga komunitas-komunitas yang begitu banyak di dunia blog.

apakah teman-teman juga bergabung dalam sebuah komunitas?

komunitas dblogger di ruang pemotretan blogdetik

eyang anjari, dedi NAFF, hilman, fanabis, soebandi

fandhie, ruanghati, julie, marlisa, suamimalas

 

41 thoughts on “blogger dan komunitas

  1. Aku sudah bergabung dengan deBlogger (Depok Blogger). selain nambah teman, juga bisa share berbagai informasi…emang seru kalo bergabung dg komunitas dg minat yg sama….

  2. saya sebenernya salah satu anggota komunitas bloger Solo, Bengawan, mbak. namun, saya sangat jarang ikut kumpul2 alias kopdar. bahkan aktif di forumnya pun blas ndak pernah (karena saya lupa akun dan paswod email saya yang tak buat ndaftar di forum tersebut… kebangeten banget to aku ini mbak…).

    tercatat, hanya 1 kopdar yang pernah saya ikuti. yaitu ketika ada acara buka bersama Bengawan. sebenernya saya sangat pingin ikut kopdar, tapi selalu saja terbentur dengan jadwal, jarak, dsb… hehehe

    nuwun mbak malah curhat nih

  3. lha kok komenku ilang mbak…. untung sudah tak kopi… saya resend ya…

    saya sebenernya salah satu anggota komunitas bloger Solo, Bengawan, mbak. namun, saya sangat jarang ikut kumpul2 alias kopdar. bahkan aktif di forumnya pun blas ndak pernah (karena saya lupa akun dan paswod email saya yang tak buat ndaftar di forum tersebut… kebangeten banget to aku ini mbak…).

    tercatat, hanya 1 kopdar yang pernah saya ikuti. yaitu ketika ada acara buka bersama Bengawan. sebenernya saya sangat pingin ikut kopdar, tapi selalu saja terbentur dengan jadwal, jarak, dsb… hehehe

    nuwun mbak malah curhat nih

  4. salam kenal.. mohon bimbingannya ya…🙂
    saya pemula, jadi butuh banyak masukkan…
    tolong kunjungi blog saya di viru51.wordpress.com ya mbak…
    dan mohon komentnya ya…

Leave a Reply

