Kontrasepsi Oral

*untuk menjawab pertanyaan teman kantorku*

Tak hanya pasangan yang menikah, saat ini pasangan muda pun membutuhkan alat kontrasepsi.

Di antara begitu banyak pilihan kontrasepsi, salah satunya adalah kontrasepsi oral yang merupakan alat kontrasepsi dengan metoda hormonal. Selain dapat mencegah kehamilan, kontrasepsi oral pun memiliki manfaat untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Beberapa teman, saat memutuskan menggunakan metoda ini, sering menanyakan kepadaku apakah bila mereka menggunakan kontrasepsi oral (yang dalam hal ini berupa pil KB) akan mempengaruhi kesuburan mereka nantinya. Mereka takut, bila menikah dan langsung memutuskan untuk menunda kehamilan dengan pil KB akan menyebabkan mereka tidak bisa memperoleh anak.

Untuk menjawabnya kita dapat melihat mekanisme kerja dari pil kontrasepsi yang merupakan pil dengan kandungan kombinasi hormon progestin dan estrogen.

Pil kontrasepsi bekerja mencegah kehamilan dengan cara:

1. Mencegah ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Akibatnya sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.

2. Mengentalkan lendir di leher rahim, sehingga sperma yang masuk mengalami kesulitan untuk berenang mencapai sel telur yang berada di tuba falopi.

3. Mencegah pematangan endometrium (dinding bagian dalam dari rahim). Ketika terjadi ovulasi dan pembuahan sel telur oleh sperma maka hasil pembuahan ini akan menuju dinding rahim dan menempelkan dirinya untuk selanjutnya berkembang menjadi janin. Dengan pil kontrasepsi, sel telur yang telah dibuahi tidak akan dapat tertanam di rahim.

Tiga mekanisme ini hanya terjadi apabila seorang perempuan mengkonsumsi pil kontrasepsi dengan teratur dan sesuai dosis. Ketika ia memutuskan untuk menghentikan konsumsi pil tersebut, maka hormon di dalam tubuhnya pun akan kembali normal seperti biasa dan memungkinkan untuk terjadinya kehamilan.

Ada yang kurang jelas?😀

 

39 thoughts on “Kontrasepsi Oral

  1. sist, kalo pake oral gitu kenapa ya bisa bkikin gemuk apa karena pengaruh kesuburan ya???

    “untuk mencegah kegemukan gunakan pil kontrasepsi dengan kadar estrogen yang rendah atau pilih yang kadar progestinnya mempunyai aktivitas antimineralocorticoid (contohnya Yasmin)”

  2. kaka pinter banget jelasinnya, dokter ya ka.kata orang pil kb bisa bikin gendut, itu gimana ka??

    “terima kasih erlina, saya bukan dokter tapi apoteker dan sebaiknya harus lebih mengerti tentang obat hehe
    pil kb memang memiliki efek samping meningkatkan berat badan karena efek hormon estrogen yang menahan cairan di dalam tubuh. untuk mengatasi ini gunakanlah pil kb dengan kadar estrogen yang rendah atau yang mengandung progestin dengan aktivitas antimineralocorticoid”

  3. ada yang kurang jelas kak, temenku yang single dan (kayaknya) belum aktif secara seksual pernah disuruh minum pil KB, katanya biar ‘lancar’.

    yang mau aku tanyain, kalau misalnya kita yang belum aktif secara seksual terus minum pil KB itu ada gak kak efeknya?

    *aku berasa konsultasi 😀

    “memang konsultasi pun kow tak ngaku pulak :p
    biasanya kalo ada yang menstruasinya gak teratur dianjurkan untuk minum kontrasepsi oral untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuhnya.
    temenku yang nanya ini sekarang sedang minum pil kontrasepsi karena dia tidak teratur haidnya dan setelah dua bulan lebih teratur, malah setelah itu dia bisa langsung hamil”

  4. jadi lebih baik pake yang versi hormonal gitu ato pake kondom yak? –”

    “tergantung pengennya yang mana, setiap alat kontrasepsi memiliki kekurangan dan kelebihan masing2. kondom itu lebih simple asal pemakaiannya tepat dan kadang2 lelaki tak ingin kekasihnya menderita dengan pil kontrasepsi karena efek samping jerawat, gemuk, dll”😀

  5. kak. kek nya aku udah komen nanya di sini. kok gak ada yah?
    apa kena moderasi kak?
    apa aku salah tulis komen di tempat laen yak?
    *panik*
    gak lucu aku komen di tempat laen nanya2 pil KB

  6. Tapi kalau secara kontinyu sampai puluhan tahun akan ada efek negatifnya, selain badan jadi gambot di wajah ada ada flek2 berwarna hijau di sekitar wajah. Hal ini sudah sering saya amati di lingkunga sekitar tempat saya😦

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  7. Tapi kalau secara kontinyu sampai puluhan tahun akan ada efek negatifnya, selain badan jadi gambot di wajah ada ada flek2 berwarna hijau di sekitar wajah. Hal ini sudah sering saya amati di lingkungan sekitar tempat tinggal saya😦 apakah ini aman😕 wallahualam.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s