kondom pria

postingan ini untuk menjawab pertanyaan beberapa sahabat tentang alat kontrasepsi apa yang praktis dan tidak mempengaruhi hormon.

mengapa kondom pria? karena ada kondom untuk wanita juga.
untuk saat ini yang dibahas adalah kondom pria.

Kondom adalah sediaan pelindung yang dipasang pada penis yang telah mengalami ereksi sebelum melakukan hubungan seks (jadi bila telah terjadi penetrasi sama aja dengan tak terproteksi).
Fungsi kondom adalah sebagai tempat menampung semen atau cairan yang dikeluarkan oleh seorang pria ketika mengalami ejakulasi sehingga mencegah masuknya sperma ke dalam vagina.

Ada dua bahan paling popular sebagai pembuat kondom yaitu karet (latex) dan polyurethane (plastic). Agar sangat efektif sebaiknya kondom digunakan dengan zat spermisid (pembunuh sperma).

Bagaimanakah kondom yang mengandung bahan spermisid?Apakah sukar dibedakan dengan kondom tanpa spermisid, untuk itu mari kita lihat jenisjenis kondom:

1. berdasarkan bentuk
biasa (lurus) atau berlekuk pada bagian kepala, leher dan dasar untuk memberi kenyamanan lebih. Bentuk yang lebih bervariasi bahkan banyak ditemukan sekarang misalnya bentuk kepala orang😀

2. berdasarkan tekstur
polos, berbintik-bintik (dotted) , atau bergerigi (ribbed)

3. berdasarkan zat tambahan
– mengandung lubrikan/pelican
pelican dibutuhkan untuk beberapa wanita yang mengalami kekeringan pada vagina, juga mengurangi resiko robeknya kondom dan rasa sakit saat berhubungan
– mengandung spermisida
saat ini spermisida yang digunakan adalah non-oxynol 9 yang memastikan keamanan lebih jika ada kemungkinan sperma mengalir keluar dari kondom
kondom dengan kandungan zat ini biasanya tidak sulit dicari karena mencantumkan zat aktif non-oxynol 9 pada kemasannya.
– mengandung aroma/rasa
untuk menambah sensasi pada saat berhubungan seksual
– zat pewarna
lifestyle untuk orang muda

4. berdasarkan ketipisan lateks
semakin tipis lateks yang digunakan maka kondom akan semakin disukai karena memberikan perasaan seolah-olah tidak sedang menggunakan kondom dan meningkatkan sensivitas.

Selain berfungsi sebagai alat kontrasepsi kondom lateks juga dapat memberikan perlindungan terhadap keputihan (Vaginitis) yang disebabkan oleh trichomonas, keputihan yang disebabkan perubahan keseimbangan pH di vagina (yang dipicu oleh keberadaan semen), penyakit kelamin akibat hubungan seksual seperti gonorrhea, syphilis, AIDS, genital warts (disebabkan oleh human papilloma virus), herpes genital (disebabkan oleh herpes simplex virus type 2).

Untuk tujuan kontrasepsi gunakan kondom sebelum penis menyentuh alat kelamin wanita karena pria pada umumnya meneteskan cairan dari penis baik sebelum maupun sesudah ejakulasi. Meski sebelum terjadi ejakulasi cairan tersebut juga dapat mengandung cukup sperma sehingga mampu menyebabkan kehamilan. Cairan tersebut juga mungkin mengandung mikroorganisme penyebab penularan penyakit akibat hubungan seksual.

sumber: catatan kuliah😀

104 thoughts on “kondom pria

  1. alat kontrasepsi yang bijaksana … menurut saya tidak mendominasi istri dan cenderung win lose solution ….
    Lainnya … sistem kalender …
    Permintaan saya lagi … itungin dunk rumusnya yang aman he he he
    Maklum lagi ikut program 3 anak cukup (wakakakak emang ikut program siapa ? )
    Trims atas infonya.
    Salam hangat untuk Julie dan keluarga🙂

  2. yang penting bagaimana kondom itu disosialisasikan penggunaannya dalam konteks utk hubungan legal…dan cara penyuluhannya jangan seperti ini…si petugas memberi contoh penggunaan kondom dengan menggunakan jempolnya di kalngan suami…nah ketika sang suami akan berhubungan dgn isterinya lalu kondomnya dipakai di jempolnya bukan di anunya…bisa dibayangkan kan…?

  3. Cakep.. cakep.. cakep.. ulasan yang sangat mantap.
    Aku blm pernah pake yg begini.. mungkin suatu saat..
    *** OOT:suka anak kucing ga?

  4. Yang femidom (kondom perempuan) ceritakan juga dong, biar lebih mantep!

    Ngomong-ngomong link-nya sudah saya pasang lho!

  5. aku baru tahu kondom itu kaya 9imana,dari adenya temenku yan9 masih SMA,dia bawa2 kondom ditasnya,katanya wat koleksi ckckck..*nepok jidat

    sistah julie kedokteran ju9a ya ?

    • kalau memerlukan penjelasan cara pakai (bukan diletakkan) baca koment pak Syafri Mangkuperwira..
      semoga bermanfaat pak😀

  6. bagus Julie ulasannya.. aku yakin banyak manfaatnya.. aku sendiri baru baca penjelasan lengkap ttg kondom ini.. jenis dan bahannya… suatu saat nanti mungkin aku dan suami juga akan menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi karena kupikir ia paling aman.. aku takut ber KB… ( klo ingat ada dampaknya pada tubuh kita… serem.. heheh… )

  7. Wah lumayan lengkap. Setahuku kondom adalah alat kontrasepsi dengan persentase keberhasilan tertinggi dan dengan resiko terendah. Banyak yang males pake karena khawatir mengurangi kenikmatan. nggak juga saya kira. Selain itu harus selalu memiliki persediaan. Gak masalah juga. Kalau perlu sekali beli yang isi 12. Atau beli beberapa tipe aja sekalian. beres toh …

  8. yupzzz…komplit..plit..plit😳 :mrgreen:

    Mbakyu satu ini emang calon bidan yang handal rupanya🙂 dan semoga kondom juga bukan referensi sebagai alat sex bebas pada hubungan pra nikah atau lebih dikenal *free sex*😀

    salam hangat Mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s