vasektomi

Vasektomi merupakan metode sterilisasi permanent untuk seorang pria. Bagaimana proses sterilisasi dari metode ini sebaiknya kita mengenal lebih dulu bagaimanakah organ reproduksi dari seorang pria itu.

Sistem Reproduksi Pria

Berbeda dengan seorang wanita yang semua organ reproduksinya terletak di dalam tubuh, organ reproduksi seorang pria letaknya adalah di luar maupun di dalam tubuh.
Demikian susunan organ reproduksi seorang pria:

Testicles (testes)
Merupakan penghasil hormone testosterone serta memproduksi dan menyimpan selsel sperma. Testosterone adalah hormone yang berfungsi merangsang produksi sperma dan membantu pematangan organ reproduksi pria lainnya.

-Epididymis dan vas deferens
Merupakan dua saluran yang berfungsi membawa semen (cairan yg mengandung sperma). Epididymis adalah tube yang bergelung terletak di atas testicles, dan menghubungkan testicles dengan vas deferens.

-Seminal vesicles dan kelenjar prostate
Merupakan kelenjar pelengkap yang berfungsi menghasilkan cairan yang disebut seminal fluids yang akan melumasi system saluran dan memberi makan sperma. Saluran inilah yang mengantarkan sperma menuju penis.

-Kelenjar prostate
Terletak mengelilingi saluran ejakulasi, tepat di bawah kantung kemih, berfungsi menghasilkan cairan prostate. Akibat rangsangan seks, seminal fluids akan bercampur dengan sperma dan membentuk semen. Setiap ml semen mengandung lebih kurang 100juta sperma. Urethra berfungsi membawa semen melalui penis.

-Penis
Berfungsi menghantarkan semen ke dalam vagina.

Vasektomi

Setelah memahami organ reproduksi pria maka akan lebih mengertilah kita untuk memahami bagaimana proses vasektomi dilakukan. Vasektomi dilakukan dengan memotong vas deferens sehingga saluran sperma terblokir dan sperma tidak mampu memasuki semen yang dikeluarkan oleh penis pada saat ejakulasi.

Dengan vasektomi, seorang pria mampu mengalami ejakulasi namun tidak ada sperma yang menyertai semen yang keluar dari penis, sehingga tidak dapat membuahi sel telur.

Setelah proses vasektomi jumlah sperma yang dikeluarkan secara bertahap akan berkurang dan setelah 4-6 minggu tidak akan ada sperma lagi di dalam semen. Oleh karenanya dianjurkan untuk memakai kondom ketika berhubungan seksual pada 3 bulan pertama.

Untuk Ega
Semoga bermanfaat😀

59 thoughts on “vasektomi

  1. sebenarnya ada dampak negatifnya ngga buat pria ? saya sering dengar dampak negatif tersebut tapi ga jelas spt apa… wahai pria yg mungkin sdh di vasektomi.. bisa berbagi di sini ?🙂

    oya, ada temenku yg cerita bhw kantor BKKBN di kotanya memberikan surat edaran ke setiap rmh yg isinya anjuran untuk vasektomi.. hmm.. apa ini akan jadi program pemerintah..?

  2. Pingback: demikian menurutku tentangmu .. dalam hal ini « komuter jakarta raya

  3. Hmm, gitu ya mbak. Tapi untunglah, vasektomi dilakukan dengan memotong vas deferens sehingga saluran sperma terblokir. Bukan dengan memotong alat yang menghantarkan semen ke dalam miss v. *becanda mbak.

    Thanks infonya. Saya sempat ngobrolin masalah ini dengan teman-teman. Tapi karena ndak tau pasti, akhirnya diskusinya jadi ngambang. Hehe..

  4. waduw,,,
    bingung mode on nuy
    gag tau yang beginian
    masih cupu heheh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih😀

  5. asyikk..
    ~ tolong bu dokter… aku butuh obatt..! tolong bu dokter.. aku sedang garing..~ (flowers)
    jadi mengerti.. tapi gue ngga mau, xixii..
    takut mengkerut🙂

  6. Salam ….

    ooooo jadi begitu baru kali ini saya memahaminya makasih mbak infonya sangat bermanfaat …

    ngeri juga tuh kalau mendengar kalimatnya aja pasektumi …..menghalangi kenekmatan

  7. Ber-KB dengan cara potong-memotong :
    Vasektomi buat cowok
    Tubektomi buat cewek

    Ber-KB dengan cara bungkusan
    Kondom buat cowok
    Femidom buat cewek

    Salam Brrrrr…!

  8. Pingback: Vasektomi « Spirit of Acupuncture

  9. sharing aja nich seputar vasektomi-Ku

    Latar belakang
    anak udah 3, dan istri udah tidak berkeinginan menambah momongan lg karna faktor usia dan kesehatan, KB yang udah pernah dipakai kondom hampir 2 thn, Spiral ga cocok, suntik 3 thn lebih, sehingga kami sepakat saya yg KB.

    Prosedur
    setelah konseling dgn dokter&menandatangani informed concern (bener ga ya nulisnya), naik ke meja operasi, dibersihkan sekitar buah zakar dgn betadine,kemudian dokter bilang “tarik nafas ya pak, agak sakit dikit nich” krn proses pembiusan sedang dilakukan pd kulit buah dzakar, kemudian dokter bilang “pak tahan rasa sakitnya ya” ternyata dokter sedang membius saluran sperma yg nantinya akan dipotong, yg saya rasakan adalah sakit dan mules di sekitar perut bawah dekat pangkal penis ya kira2 10 detik, dokter bilang “skali lg ya pa” dan saya dah bisa bayangin rasanya, setelah itu saya tidak merasakan sakit lagi dan tidak lebih dari 5 menit istriku yg setia disampingku dipanggil dokter “Bu ini lho saluran spermanya” istrikupun mendekat dan melihat secara detail putih mengkilat sperti bihun dan besarnya libih kecil dari mie spageti, kemudian dokter bilang “bu salurannya di potong ya”, istrikupun bilang “ya dok”,saat itu saya penasaran dan bilang kedokternya “dok boleh lihat?” dokter menjawab “silahkan” saya melihat saluran sperma yang sedang diikat pada dua sisi kemudian di potong,kemudian ntuk saluran sperma satunya dokter sudah tidak menanyakan ke istri lagi, ya kira2 10 menit dah selesai prosesnya.

    Pasca tindakan
    setelah selesai, saya kuatir dgn efeknya, bisa ereksi ga ya burung saya, walaupun pada saat konseling udah dijelasin ga ngaruh kesitu, tapi ya saya tetep kuatir, sehingga pada saat ganti baju sy minta istriku memegang penisnya dan ternyata tetep bisa berdiri, tenanglah hatiku jadinya. sampai di tumah yg saya rasakan rasa ga enak pada buah dzakar sekitar 1 hari, hari ke-2 udah agak enak, hari ke-3 dah enak, dan setalah sembuh saya berhubungan dgn istri dan yg saya rasakan tetep enak2 aja, dan yg justru saya dan istri rasakan adalah ereksinya bisa lebih lama, skali lagi kalo rasa nikmat yg saya rasakan adalah sama saja, dan hingga sdh berjalan 1 thn tidak ada keluhan dgn diri saya,

    kesimpulan dari saya
    Vasektomi = tidak bisa ereksi & tidak bisa ejakulai adalah salah, ereksi tetep bisa ejakulasipun tetap bisa, tetap keluar cairan putih kental (karena saya pernah mencoba dan melihat cairan yg saya keluarin dan di tampung di wadah), rasa nikmat sama saja.

    kekurangan/tidak enaknya menurut saya
    1. rasa tidak enak saat di bius saluran spermanya (sakit dan mules sekitar 10-30 detik-an)
    2. ereksi gampang,kuat dan tahan lama, namun untuk ejakulasinya agak susah, dulunya tiap malem bisa ejakulasi, sekarang yg enak untuk ejakulasinya ya 2-3 hari untuk 1 kali ejakulasi, mungkin ini karena cairannya berkurang (spermanya ga ada)atau faktor usia dan lamanya nikah, tapi disisi lain istri bisa merasakan kenikmatan dan kepuasan beberapa kali dlm skali berhubungan karena penis masih keras,hal ini yg dirasakan oleh istri saya (mungkin hal ini yang mendorong para istri agar suaminya saja yang KB).

    demikian sharing dari saya smoga bisa menambah wawasan
    terimakasih

  10. nice info nich

    hayoo bapak2nya
    pada ikutan ngringanin beban istri
    istri udah hamil, nglairin dll
    gantianlah bagi2 tugas keluarga
    toh ga ada yg berkurang nikmatnya

    @yu_$

Leave a Reply

