berkunjung ke rumah pakdhe

pada hari itu siang sungguh terik, aku harus mengantarkan beberapa surat ke rumah bundo perayuku yang cantik, berharap bisa bertemu dan minum segelas teh manis dingin. namun, ketika tiba di depan pintu kayunya, aku dapati rumah itu tak berpenghuni apakah bundo masih ada di puskesmas?

malas mengirim esemes, kulayangkan pandang sedikit ke seberang, ada sebuah rumah bercat putih dengan lantai keramik berwarna biru muda. di bagian depan teras tertata kursikursi kayu berwarna coklat dengan meja kecil bulat di depannya. kulihat seorang lakilaki gagah sedang asik mengobrol dan bercanda bersama perempuan cantik sebayanya. oh itu seperti pakdhe saja rasanya.

maka dengan serta merta kulayangkan kakiku menuju ke rumah putih itu, di sebelah kanan dinding rumah bagian depan tercetak katakata BHIRAWA, hmm sebuah rumah memang harusnya memiliki nama.

“dari mana kamu nduk” kata pakdhe
“dari rumah bundo, pakdhe” sahutku
“ayo sini duduk, mau minum apa?” sahut pakdhe ramah
“yang dingin aja pakdhe” jawabku dengan cengiran

tak lama segelas sirop berwarna merah tersedia, aku dibiarkan pakdhe melihat lihat isi rumahnya, dan seketika aku terpaku pada tumpukan bacaan di ruang tengah. bermacammacam yang bisa kubuka, ada bacaan tentang ketopraknya kang guskar, jurus meningkatkan page rank, bahkan tentang ngobrol ngalor ngidul, begitu banyak bacaan yang mampu memaku pandangku.

setelah puas membaca aku malah boleh menorehkan pena di sebuah buku tamu khusus yang disediakan pakdhe, dan setelah agak lama aku pamit. tak sulit menemukan rumah ini kembali karena tempatnya begitu mudah diraih.

pasti aku akan sering berkunjung ke sini.

artikel ini dipersembahkan untuk pakdheku pada acara Jambore on the Blog

37 thoughts on “berkunjung ke rumah pakdhe

  1. haaaa, mantap, review bernuansa cermin ya nduk (cerita mini ), khas cerpenis ya.
    Lha wanita cantik itu siapa yg duduk dekat saya ya nduk.
    Terima kasih atas partisipasinya.
    Salam hangat dari kami di Surabaya.

  2. ho.ho.. lagi Jambore on the Blog niih.. slamet deh, semoga sukses.. ^^ btw, salam buat pak dhe cholik yah..
    salam kenal juga buatmu.. eh.. kayak’e aku dulu pernah ke sini deh..

  3. Pingback: Akhirnya Hadir Juga Dalam Jambore On The Blog Bhirawa « CITRO MADURA

  4. wah-wah mbak julie-julie

    salam kenal aja dech ulasan dengan gaya bahasa yang menarik
    he…๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    maaf cengengesan disini

    mator sakalangkong kunjungannya di blog saya

    langsung saya tancapkan linknya di blog saya mohon ijin

    salam dari pamekasan madura

Leave a Reply

