ketika sel telur dan sperma itu bertemu

posted here before

terlahirnya manusia ternyata tak sesederhana ketika kita berpikir tentang hubungan seksual seorang lelaki dan perempuan. aku tak mengistilahkan hubungan suami istri karena tak sedikit yang berhubungan ini bukanlah suami dan istri. keajaiban rahasia Sang Pencipta ketika ia mengukir ciptaanNya dalam bentuk manusia begitu mengagumkan. semuanya diatur dan dibuatNya dengan indah.

untuk terlahir sebagai manusia, dibutuhkan sebuah proses pertemuan sel telur dari seorang wanita yang tengah subur dan sel sperma dari seorang pria yang sehat pula. tentunya ada hormon-hormon pendukung yang menyebabkan seorang wanita mengalami masa subur, menstruasi dan lain-lain yang akan dibahas terpisah. dan sperma yang dihasilkan oleh seorang lelaki juga tak sesederhana bentuk alat kelamin mereka.

pertemuan sebuah sperma dengan sel telur disebutlah sebagai Pembuahan. sperma yang jumlahnya berjuta-juta itu dengan bersemangat memperebutkan seorang sel telur yang lepas malu-malu dari ovarium, lalu ketika mereka bertemu dan bersatu, sel telur yang telah dibuahi ini pun meluncur turun dari tuba falopii menuju rahim dan menempelkan dirinya di dinding rahim (endometrium). proses ini disebut implantasi.

bagian dalam sel telur yang menempel akan berkembang menjadi bayi, sementara bagian luarnya akan menjadi plasenta dan umbilical cord (tali pusar). Plasentalah yang memberi informasi tentang adanya kehamilan kepada sang ibu dengan melepaskan sebuah hormon bernama HCG (Human chorionic gonadotropin). Hormon ini bertambah jumlahnya 2 kali lipat setiap 2 hari selama 3 bulan pertama kehamilan dan setelah itu berkurang sedikit demi sedikit.

dan lalu, kita dapat mengetahui kehamilan dengan sangat dini bahkan pada hari ke-9 setelah berhubungan seksual dengan adanya hormon HCG ini. tak mahal juga untuk mencari tau tentang keberadaan hormon ini dengan alat test kehamilan biasa yang harganya tak sampai sepuluh ribu rupiah.

deteksi kehamilan sejak dini akan sangat bermanfaat untuk sang calon bayi, dan juga barangkali bermanfaat untuk yang tak ingin punya bayi???

54 thoughts on “ketika sel telur dan sperma itu bertemu

  1. deteksi kehamilan sejak dini akan sangat bermanfaat untuk sang calon bayi, dan juga barangkali bermanfaat untuk yang tak ingin punya bayi???

    jika tak ingin punya bayi trus sudah terlanjur mau apa

  2. pembahasan yang sederhana tapi mengena sekali, gak perlu yang belibet-libet biar orang yang awam akan mengerti.
    nice post… oiya hari ini harus beli alat tes itu.. tenchu sdh mengingatkan..

  3. Bundo masih terus semangat pake alat test kehamilan itu setiap kali telat. Dan selalu ucapkan Alhamdulillah meskipun ngga pernah lagi dapat dua strip itu. **skrg sdh berusaha ikhlas, klo dulu biasanya nelangsa seharian.

  4. Kunjungan di pagi hari sobat, menikmati sinar matahari dan segarnya cuaca mewarnai kendahan kehidupan. Senyum, sapa dan semangat untuk hal-hal positif, chayoo ^_^…V salam

  5. aku dulu ngajar hal beginian Jul.. tp di tubuh sapi, embe dll… hehehhe…

    dan kmrn di BSD krn CDi yang dibuat ttg asuhan kebidanan, makin ngelotoklah aku ttg ilmu bikin anak ini.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s